Asus Zenfone
Review / /
Membedah Spesifikasi ASUS ZenFone Series

Sukses dengan produk PC dan peripheral, ASUS meneruskan penetrasinya lewat produk-produk netbook yang juga laris manis di pasaran. Tidak cukup sampai di situ, pabrikan dari Taiwan ini semakin memperbanyak varian produknya lewat server, tablet serta smartphone yang kemudian dikenal dengan ASUS ZenFone series.

Sejak diluncurkan tahun 2014 yang lalu pada ajang Consumer Electronic Show yang digelar di Las Vegas, ZenFone series telah mengeluarkan 4 varian, yakni Asus ZenFone 4 (A400CG), Asus ZenFone 4S (A450CG), Asus ZenFone 5 (A500CG), serta Asus ZenFone 6 (A600CG). Seperti apa spesifikasi dari masing-masing produk tersebut, berikut sedikit ulasan tentang ZenFone series:

ZenFone4 (A400CG)

Genersi pertama dari ASUS ZenFone series ini membidik kelas low-end dengan kisaran harga sekitar Rp. 1 jutaan. Namun begitu, ASUS mampu menghadirkan smartphone ini dengan kombinasi sempurna lewat perpaduan tekhnologi dengan gaya bagi para penggunanya.

Berbekal layar TFT LED Backlit Panel berukuran 4 inch dengan resolusi 800 x 480, ZenFone 4 (A400CG) telah dilengkapi dengan Ultra Sensitive Touch Screen yang membuat layar sangat peka terhadap sentuhan jemari. Dengan dapur pacu prosesor Intel Atom, GPU Z2520 berkecapatan 1.2 GHz membuat aktifitas berselancar dapat berjalan dengan lancar, apalagi RAM yang disematkan terbilang cukup besar untuk kelasnya, yakni 1 GB. Itupun masih didukung dengan internal memory sebesar 4 GB yang dapat diperbesar hingga 32 GB dengan tambahan MicroSD.

Fitur kamera utama yang dimiliki smartphone ini juga lebih unggul dibanding para kompetitornya karena memiliki resolusi 5 MP, sedang untuk kamera depan tidak jauh berbeda dengan kamera depan para pesaing yakni 0,3 MP.

Keunggulan lain yang disuguhkan ZenFone 4 ini adalah desainnya yang stylish dengan dimensi 124.42 x 61.44 x 11.2 berbobot 115 gram yang memiliki 5 pilihan warna. Untuk mendukung daya, sebuah baterei lithium berkapasitas 1600 mAh tersemat di dalamnya.

ZenFone4S (A450CG)

Dengan harga yang tidak jauh berbeda, ASUS ZenFone series generasi kedua ini seolah ingin menyempurnakan spesifikasi dan fitur bawaan dari pendahulunya. Hal tersebut terlihat dari ukuran layar yang diperluas menjadi 4.5 inchi dan telah berbekal tekhnologi IPS yang membuat tampilan layar lebih tajam dan lebih jernih serta tetap jelas meski dilihat dari sudut yang sempit sekalipun. Spesifikasi layar yang sudah mumpuni tersebut, masih ditambah lagi dengan Gorilla Glass 3 yang oleh ASUS diistilahkan Anti Fingerprint Coating, sehingga membuat layar smartphone ini tahan debu, tahan akan tetesan air, dan saat tercetak sidik jari, permukaan layar dapat dengan mudah dibersihkan.

Penyempurnaan juga dilakukan oleh ASUS dari sisi Operating System (OS) yang digunakan. Jika pada generasi sebelumnya OS yang digunakan adalah OS Android Jelly Bean, maka pada ZenFone 4S sudah menggunakan Android 4.4.2 Kitkat yang dipadu antarmuka ZenUI.

Pada sisi dapur pacu, meski prosesor yang digunakan masih tetap yakni Intel Atom Z2520 Dual Core 1.2 dengan RAM 1 GB, namun kapasitas internal memorinya ditingkatkan menjadi 8 GB yang dapat diperluas sampai dengan 32 GB.

Peningkatan spesifikasi juga dilakukan pada fitur kamera utama yang telah berbekal sensor 8 MP dengan tambahan LED Flash, geo tagging, fitur AF, serta berbagai fitur lainnya untuk mempertajam dan memperindah hasil bidikan kamera.

Menyadari besarnya asupan daya yang dibutuhkan, karena ukuran layar yang lebih besar, ASUS pun meningkatkan kapasitas baterei Lithium Polymernya menjadi 1750 mAh.

ZenFone5 (A500CG)

ZenFone 5 diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan dengan ZenFone 4S, hanya saja kelas konsumen yang dibidik berbeda. Dibandrol dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp.2,5 juta, sebagian fitur dari ASUS ZenFone series generasi ketiga ini hampir sama dengan ZenFone 4S, seperti resolusi kamera utama sebesar 8 MP, meski untuk kamera depannya ditingkatkan menjadi 2 MP dari semula yang hanya berkapasitas VGA.

Pada sisi layar yang juga berbekal tekhnologi IPS dan Gorilla Glass 3 juga diperluas menjadi 5 inchi dengan resolusi yang juga ditingkatkan menjadi 1280 x 720, sehingga tampilan layar semakin jernih.

Untuk dapur pacu, prosesor yang digunakan masih tetap sama, yakni Intel Atom Z2520 Dual Core 1.2 dengan kecepatan 1.6 GHz yang performanya sejajar dengan Quad Core Qualcomm Snapdragon. Hanya saja, RAMnya ditingkatkan menjadi 2 GB sehingga laju saat berselancar di internet pun  menjadi jauh lebih cepat. Entah dengan alasan apa, untuk OS yang digunakan ASUS justru kembali ke ZenFone generasi pertama yakni menggunakan OS versi 4.3 Android Jelly Bean.

ZenFone6 (A600CG)

Inilah generasi terbaru dari ASUS ZenFone series dengan spesifikasi paling tinggi dibanding generasi ZenFone sebelumnya. Dengan desain mewah yang menggunakan back cover mirip Nokia Lumia, harga ponsel pintar ini selisihnya tidak terlalu jauh dari ZenFone 5, karena bandrol harga yang dipasang kurang Rp. 3 juta.

Untuk ukuran layar diperluas menjadi 6 inchi sehingga ZenFone 6 ini lebih tepat disebut  Pablet. Meski ukuran layar bertambah luas, namun tidak mengurangi ketajaman gambar, karena resolusinya oleh ASUS ditingkatkan hingga mencapai ~ 245 ppi pixel density. Fitur layar yang lain masih tetap seperti sebelumnya, yakni menggunakan tekhnologi IPS, Gorilla Glass 3 serta multi touch.

Peningkatan spesifikasi yang paling menyolok dari ZenFone 6 dibanding ZenFone series lainnya ada pada sisi otak ponsel yang telah menggunakan prosesor Dual Core 2 GHz yang dilengkapi chipset Intel Atom Z2580, GPU PowerVR, SGX544MP2, serta RAM berkapastias 2 GH. Dengan perangkat berkemampuan tinggi serta dukungan OS Android  V.4.3 Kitkat membuat aplikasi apapun dapat dengan bebas diinstal, bahkan game berkualitas HD pun dapat dimainkan dengan lancar menggunakan ponsel pintar ini.

Pada sisi kamera, ZenFone 6 masih menghadirkan resolusi 2 MP untuk kamera depan yang sama dengan yang dimiliki  ZenFone 5. Hanya saja, untuk kamera utama sudah memiliki resolusi 13 MP yang dilengkapi LED Flash, face detection, auto focus, geo tagging, serta fitur pendukung kamera lainnya. Perangkat ini selain dapat menghasilkan foto yang istimewah juga mampu merekam video berkualitas Full HD 1080P.

Demikian ulasan dari ASUS ZenFone series, produk smartphone perdana yang dikeluarkan oleh ASUS. Berbagai kelebihan dan kekurangan sudah barang tentu menyertai keempat produk tersebut, sehingga mempelajari berbagai macam spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh masing-masing produk menjadi perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilih salah satu diantara keempat produk yang ditawarkan. Tentunya budget yang tersedia juga menjadi bahan pertimbangan yang utama. (*)