Review / /
Oppo F1, Secepat Mobil Balap F1

Oppo yang merupakan vendor smartphone ternama di dunia ini, untuk kualitas setiap smartphone ciptaan mereka sudah jangan diragukan lagi. Karena, semua smartphone mereka memiliki kualitas yang tidak bisa dianggap remeh seperti smartphone – smartphone abal – abal atau tiruan lainnya. Oppo merupakan perusahaan smartphone yang berasal dari negeri Tirai Bambu China.

Dan karena ketenarannya, maka perusahaan Oppo pun membuka pabrik barunya di negara Vietnam. Nah, disinilah sebuah riset hebat pun dikerjakan secara rahasia oleh Oppo untuk siap diluncurkan di pertengahan Januari 2016 ini. Alhasil, sebuah produk baru pun berhasil diciptakan oleh Oppo. Smartphone ini diberi nama Oppo F1, ya memang mirip seperti sebuah ajang balap mobil kelas dunia F1 Grand Prix.

Memang keren seperti namanya, samrtphone Oppo F1 memiliki spesifikasi yang sangat mantap. Mari kita cek satu per satu.

oppo f1 - 3

Smartphone Oppo F1 memiliki dimensi dari smartphone ini yaitu 14,35 cm x 7,1 cm, dan desain yang tipis 7,3 mm saja. Body dari Oppo F1 ini terbuat dari metal Aluminium dengan konsep desain Unibody.

Luas layar seluas 5 inchi, dengan tipe layar IPS Capacitive Touchscreen Display. Dan resolusi gambar display full HD 1080p (1080 x 1920p) dengan kerapatan gambar 294 ppi (pixel per inchi). Lapisan layar touchscreen Oppo F1 ini sudah dilapisi dengan kaca anti gores Gorilla Glass 4.

Saat ini Oppo F1 sudah menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, dengan mesin User Interface asli dari Oppo, ColorOS 2.1 yang terbaru.

Di dalamnya, smartphone Oppo F1 ini ditanami chipset prosesor Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616, dengan 8 inti Octa Core Cortex-A53, dan clock speed nya 1,7 GHz. Di sisi RAM, sudah sebesar 3 GB dengan bantuan chipset pengolah grafis dari Adreno 405 sehingga menghasilkan gambar yang mulus dan halus.

oppo f1 - 2

Untuk penyimpanannya jangan khawatir, karena sudah tersedia ruang penyimpanan sebesar 16 GB di memori internal, dan masih bisa ditambah dengan SD Card sampai 128 GB. Bisa dilihat di gambar di bawah, slot SD Card ada dua buah.

oppo f1 - 4

Beralih ke sisi kamera. Di bagian kamera utama, resolusi yang dimilikinya sangat mantap sekali. Karena kamera utamanya itu memiliki resolusi 13 MP, dengan LED flash dengan fitur autofocus. Jika digunakan untuk merekam video, jangan kahwatir karena sudah mendukung resolusi full HD 1080p dengan frekuensi @30fps. Di kamera depannya, untuk selfie pun hasil jepretannya sangat mantap sekali. Karena resolusi kamera depan sebesar 8 MP.

Di segi konektivitas sudah jangan khawatir. Karena Oppo F1 sudah mendukung jaringan 4G LTE, 3G HSDPA, dan 2G EDGE. Dan tentu dengan dual SIM yang bisa diganti sesuka hati.

Dan jika ingin memakainya dalam waktu lama, cukup awet sekali untuk digunakan. Ini karena baterai yang dipakai di smartphone ini memiliki daya sebesar 2500 mAH. Sayangnya baterainya tipe baterai tanam atau permanen.

Untuk fitur lain, sama seperti smartphone pada umumnya. Seperti Bluetooth 4, GPS, dll. Lihat Spesifikasi lengkap

Nah, dari semua spesifikasi yang kenceng banget seperti mobil balap F1, ternyata harganya pun termasuk murah di kalangan smartphone kelas keatas. Smartphone Oppo F1 ini dipatok harga hanya sekitar 4 jutaan saja. Termasuk murah untuk kelas smartphone menengah keatas.

Namun sayangnya, smartphone ini baru saja diluncurkan di negara Vietnam tanggal 21 Januari 2016 mendatang. Untuk pasar global menyusul setelah tanggal peluncurannya disana.