Oppo Find 7
Review / /
Oppo Find 7: Smartphone dengan Performa Unggul

OPPO Find 7 merupakan salah satu ponsel cerdas terbaru yang hadir dengan fitur dan spesifikasi menakjubkan. Untuk mengenal lebih jauh akan dibahas mengenai review Oppo Find 7 yang membahas mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangannya.

Inilah ponsel cerdas pertama di dunia yang telah menggunakan layar resolusi QHD atau setara dengan resolusi 1440 x 2560 pixel dengan lebar layar 5.5 inchi. Layar Oppo Find 7 juga telah menggunakan teknologi IPS LCD Capacitive Touchscreen yang bisa menampilan 16 juta warna dengan kerapatan pixel 534 ppi, selain itu ponsel ini jug telah menggunakan Coating Fine Pixel serta penyesuaian Nature Color yang menghasilkan kepadatan pixel tinggi. Hasilnya, tampilan layar lebih jernih dan natural. Untuk melindungi layarnya yang super bagus ini, Oppo bahkan memberi perlindungan teknologi Corning Gorilla Glass 3 yang terkenal tahan goresan.

Kamera Oppo Find 7 juga merupakan salah satu spesifikasi kebanggaan karena mereka mengandalkan kamera belakang dengan ukuran 13 MP yang masih dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti LED flash, autofocus, geo-tagging, face detection, HDR, serta fitur pelengkap lainnya. Kamera depannya pun tak kalah bagus dengan ukuran 5 MP yang menyempurnakan hobi selfie penggunanya. Memori penyimpanan ponsel cerdas ini sangat besar yaitu mencapai 32 GB hanya untuk memori internal. Anda juga masih bisa menambah memori penyimpangan eksternal maksimal 128 GB.

Dilihat dari sektor dapur pacu, Oppo Find 7 mengusung CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dengan chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801. Pengolahan grafisnya dipercayakan pada GPU Adreno 330 sehingga menghasilkan output yang sangat baik. Sistem operasinya menggunakan Android v4.3 Jelly Bean dengan dukungan RAM yang cukup besar yakni 3 GB.

Segala spesifikasi Oppo Find 7 sudah menjelaskan betapa hebatnya ponsel satu ini dan inilah yang menjadi kelebihan-kelebihan Oppo Find 7. Masih ditambah dengan dukungan penggunaan baterai berkapasitas 3000 mAh dan juga ponsel cerdas ini mendukung jaringan 3G HSDPA serta 4G LTE yang memberikan akses internet super cepat. Satu kelemahan dari Oppo Find 7 yaitu masih menggunakan sistem operasi Android v4.3 Jelly Bean di saat pesaingnya sudah berlomba mengunggulkan sistem operasi Android KitKat.

Kelebihan dari Oppo Find 7

  1. Telah mendukung jaringan 3G HSDPA dan 4G LTE yang bisa memberikan akses internet lebih cepat.
  2. Layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 2560×1440 piksel
  3. Teknologi layar sudah menggunakan QHD dengan 2K warna
  4. Layar dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 3, sehingga tahan pada goresan.
  5. Sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801 MSM 8974AC serta prosesor quad-core Krait 400 yang mampu menghasilkan clock speed hingga 2,5 GHz. Sehingga kinerjanya akan semakin lancar pada saat membuka banyak aplikasi atau bermain game.
  6. Memori internal yang sangat besar, yaitu 32 GB.
  7. Memori eksternal menggunakan microSD hingga 128 GB
  8. Memori RAM sebesar 3 GB. Sangat nyaman untuk melakukan multitasking.
  9. Kamera belakang memiliki resolusi tinggi 13 MP dengan kemampuan pengambilan 10 gambar yang bisa digabungkan menjadi satu. Hasil yang diperoleh setara dengan kamera resolusi 50 MP.
  10. Kamera depan sebesar 5 MP
  11. Kapasitas baterai 3000 mAh. Pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai.
  12. Tersedia konektivitas data yang lengkap seperti Wi-Fi, NFC, Bluetooth, dan USB otg.

Kekurangan Oppo Find 7

Kekurangan ponsel pintar ini ialah sistem operasi yang masih menggunakan Android OS 4.3 Jelly Bean. Hal ini sangat disayangkan, karena untuk kelas smartphone terbaru seperti ini seharusnya telah menggunakan Android 4.4 Kitkat. Namun kemungkinan masih bisa diupgrade.
Harga Oppo Find 7

Smartphone kalas atas ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 6.999.000 menurut Tabloid Pulsa. Untuk second-nya dijual dengan harga sekitar Rp 5,8 juta. Harganya memang bisa dibilang cukup mahal, hampir setara dengan ponsel-ponsel premium milik Samsung, Asus, atau iPhone. Namun fitur dan spesifikasi yang ditawarkan memang sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh Oppo.