Oppo Find 9
Review / /
Oppo Find 9, Bersenjata Pemindai Sidik Jari dengan RAM 4 GB

Meski masih belum bisa dipastikan, kapan akan diluncurkan ke pasaran, namun informasi tentang produk terbaru Oppo dengan spesifikasi yang special telah menjadi rahasia umum. Ponsel flagship buatan vendor dari negeri tirai bambu tersebut diberi nama Oppo Find 9. Sama halnya dengan Oppo N3, sensor sidik jari juga ditanamkan pada Find 9. Bedanya, jika N3 menggunakan Fingerprint FPC 1021, Find 9 menggunakan generasi terbaru buatan FPC yakni Fingerprint Card AB 1025. Dengan ditanamkannya pemindai sidik jari tersebut, keamanan data pemilik perangkat ini akan jauh lebih aman.

Spesifikasi yang gahar juga dapat dijumpai pada otak ponsel yang menggunakan prosesor berkaki 8 (Octa Core) hasil kolaborasi Quad Core ARM Cortex A53 dengan Quad Core ARM Cortex A57, serta didukung Chipset Qualcomm Snapdragon 810. Daya kerja dari dapur pacu tersebut semakin mumpuni dengan disematkannya RAM berkapasitas 4 GB, begitu juga pada sektor grafis, dipastikan akan memiliki tampilan grafis yang sempurna karena keberadaan Pengolah Grafis Adreno 430. Sedang sistem operasi yang digunakan, generasi penerus dari Oppo Find 7 ini menggunakan OS terbaru buatan Google, yakni Android Lollypop.

Dengan otak yang canggih, sudah barang tentu bukan hal yang aneh jika ponsel ini mampu menjelajah berbagai macam jaringan, mulai dari 2G, 3G hingga 4G LTE dan HSDPA. Begitu juga dengan sisi konektifitas, perangkat ini mensuport semua jenis koneksi mulai dari Wi-Fi, Miracast, NFC, hingga yang paling sederhana yakni USB yang terkoneksi dengan PC.

Tampilan istimewah dari Oppo Find 9 mewarnai pula sektor layar. Karena layar touchscreen dengan ukuran 5.5 inchi yang menyertainya menggunakan tekhnologi terbaru dari Super Amoled dengan resolusi QHD 1440 x 2560 piksel yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk mengantisipasi gesekan dan benturan. Dengan resolusi yang sangat tinggi tersebut, mata akan benar-benar dimanjakan, karena tampilan gambar pada layar terlihat sangat jernih, tajam dengan warna yang mendekati warna aslinya.

Spesifikasi lain yang juga menjadi daya tarik dari smartphone ini adalah fasilitas kameranya yang memiliki resolusi yang setara dengan kamera-kamera professional, yakni 16 MP. Dengan sensor yang sedemikian besar, kecil kemungkinan dihasilkan gambar yang blur dan tidak fokus. Apalagi Oppo bakal membekali fasilitas kameranya dengan berbagai fitur pendukung tercanggih, meski fitur-fitur tersebut sampai saat ini masih belum dibocorkan.

Dengan beragam spesifikasi yang mumpuni, tidak heran jika banyak pihak memprediksi bahwa handset ini bakal melanjutkan sukses dari produk-produk Oppo sebelumnya, seperti Oppo R1C, R5, N3, U3, juga Oppo Mirror 3. Tentunya Oppo Find 9 bakal menjadi pesaing berat bagi brand-brand lain, seperti Sony Xperia Z4, LG G4, juga produk yang digadang-gadang oleh Samsung untuk merajai pasar, yakni Samsung Galaxy S6.