Review / /
Osmo S50F Si Smartphone Termurah di Awal 2016

Smartphone di dunia sekarang ini sangat didominasi dengan smartphone – smartphone berbasis Sistem Operasi iOS dan Android. Jika di basis iOS dikuasai oleh Apple Corp., maka di smartphone berbasis Android banyak sekali perusahaan – perusahaan besar yang ikut bersaing. Seperti yang kita lihat sekarang ini Samsung, HTC, Sony, Xiaomi, Oppo, dan masih banyak lagi. Tapi kebanyakan perusahaan besar smartphone selalu mengincar pasar ekonomi kelas menengah.

Di Indonesia sendiri, ada merek – merek seperti Advan, Evercoss, MiTo, dan perusahaan lain yang menyediakan berbagai macam pilihan smartphone murah untuk kalangan ekonomi menengah kebawah. Namun, mereka sekarang ini juga harus cukup waspada untuk menguasai pasar smartphone di Indonesia. Ini karena ada pendatang baru yang siap mengguncar pasar smartphone mereka. Yaitu smartphone Osmo S50F. Smartphone ini adalah smartphone versi pertama dari hasil kerjasama antara PT. Trikomsel Oke dengan Advan Digital Corp. produsen smartphone Advan.

Osmo S50 utama

PT. Trikomsel Oke sendiri merupakan perusahaan distributor smartphone di Indonesia yang baru saja terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 lalu. Mari kita bahas sejenak smartphone terbaru Osmo S50F ini.

Dimulai dari bentuk dan desainnya. Sekilas jika kita pengamat pasar smartphone di Indonesia, maka kita akan melihat kesamaan desain antara smartphone Osmo S50F dengan Advan Candybar.

Luas layar dari smartphone Osmo S50F adalah 5 inchi, dengan 1290×720p, IPS Capasitive TouchScreen Display dengan 16 juta warna. Namun sayang, belum ada layar pelindung tambahan seperti Gorilla Glass ataupun Dragon Tail. Maka dari itu siapkan sedikit dana tambahan untuk memperkuat layar smartphone ini.

Untuk kamera depannya, sudah beresolusi 8 MP dan untuk kamera belakangnya sudah beresolusi 13 MP dengan flash light dan auto focus. Untuk kualitas videonya, sudah mendukung video dengan resolusi HD 720p.

Beralih ke bagian dalamnya, smartphone Osmo S50F sudah dipasang prosesor dengan chipset Mediatek MT6735 dengan 4 inti atau Quad Core berkecepatan 1,2 GHz. Untuk pengolah grafis dan prosesnya, sudah ada chipset Mali T720MP dengan RAM sebesar 2 GB. Di ruang penyimpanan internalnya sebesar 16 GB, dan masih bisa ditambah lagi dengan slot Micro SD sampai 32 GB. Dan dengan daya sebesar 2200 mAH, maka jangan khawatir daya baterai cepat habis. Namun sayang juga, sistem operasi dari smartphone ini masih Android 4.4 Kitkat, dan belum ada update terbaru ke Android 5 Lollipop.

Dan juga, masih disayangkan pula. Karena smartphone Osmo S50F ini belum mendukung sinyal 4G LTE, walaupun sudah dual SIM Card. Namun masih memakai sinyal 3G HSDPA atau 3,5G Hybrid. Sayang sekali mengingat smartphone sekarang ini sudah memakai fitur konektivitas 4G LTE.

Untuk fitur lain seperti Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, port USB 2.0 dan lainnya standar seperti smartphone Android pada umumnya.

Kabar baiknya, smartphone Osmo S50F ini telah tersedia di pasaran dan dijual di toko retail mitra Trikomsel. Dan harganya jangan khawatir, merupakan smartphone termurah keluaran terbaru 2016 dengan harga Rp. 1.199.000,-

Jadi jangan khawatir, smartphone Osmo S50F bisa dijadikan salah satu daftar yang siap menjadi pesaing bagi smartphone merek lain di Indonesia. Pertimbangkan dengan baik. Terima kasih.