Review / /
Pilih Mana Xiaomi Redmi 3 atau Lenovo Lemon 3

Tidak lama ini dua brand smartphone terkenal asal Negara China, Xiaomi dan Lenovo meluncurkan produk terbaru mereka untuk kalangan menengah terbaru di tahun 2016 ini. Setelah Xiaomi meluncurkan produk terbarunya Xiaomi Redmi 3 terlebih dahulu, kemudian baru – baru ini disusul oleh Lenovo yang meluncurkan smartphone barunya Lenovo Lemon 3. Kedua smartphone ini dirilis di pasaran dengan menarget pengguna kelas menengah. Dan ternyata, spesifikasinya pun mirip – mirip sekali. Selain itu, harganya pun tidak jauh berbeda. Tentu menjadi hal yang sulit untuk dipertimbangkan, mengingat kedua brand ini adalah brand yang dikenal “bagus” dan smartphone yang memiliki spesifikasi yang mantap dengan harga yang terjangkau. Jadi pilih mana Xiaomi Redmi 3 atau Lenovo Lemon 3 ? Mari kita bandingkan.

redmi 3 vs Lemon 3

 

Desain.

Dari segi desain, Xiaomi hadir dengan desain yang lebih bagus dibanding Lenovo. Xiaomi Redmi 3 memiliki desain body yang bagus dengan ukiran di bagian belakangnya. Sementara Lenovo Lemon 3 memiliki desain body yang standar saja walau sedikit mirip desain iPhone. Redmi 3 seluruhnya terbuat dari metal, sedangkan Lemon 3 hanya bagian penutup baterai saja yang terbuat dari metal.

Selain itu, Redmi 3 memiliki 3 varian warna, yaitu perak, abu – abu, dan emas. Sedang Lemon 3 hanya perak saja.

 

Tampilan.

Dari segi tampilan, kedua smartphone ini memiliki luas layar yang sama yaitu 5 inchi Compact Display. Dan kedua layar sentuhnya ada frame disekitarnya. Dan keduanya pun memiliki resolusi layar full HD 1080p atau 1920 x 1080p. Kerapatan pixel dari Lenovo Lemon 3, yaitu 440 ppi. Sedangkan Xiaomi Redmi 3 kerapatan pixelnya hanya 294 ppi.

 

Komponen.

Di bagian dapur pacunya, kedua smartphone ini memiliki chipset yang sama juga buatan Qualcomm, dan merupakan prosesor tercanggih yang tidak ada di smartphone kelas menengah lainnya. Yaitu chipset Qualcomm Snapdragon 616, dengan 8 inti atau Octa-Core.

Selain prosesor mantap, juga ada RAM sebesar 2 GB. Dan penyimpanan internal atau ROM sebesar 16 GB, masih bisa ditambah dengan slot SD Card sampai 64 GB. Itu semua dimiliki oleh kedua smartphone ini.

 

Kamera. 

Di bagian kamera depan, kedua smartphone memiliki resolusi kamera yang sama 5 MP. Untuk kamera utama juga sama, yaitu beresolusi 13 MP dengan LED flash. Namun yang membedakan adalah, Xiaomi Redmi 3 di bagian kamera utamanya ada fitur autofocus hanya dalam 0,1 detik saja. Dan disertai sensor PDAF di kameranya. Sedangkan Lenovo Lemon 3 di kamera utamanya hanya memiliki fitur autofocus standar saja.

 

Baterai.

Nah, disisi ini perbedaan akan sangat terasa sekali. Xiaomi Redmi 3 hadir dengan baterai berdaya 4100 mAH. Sedangkan Lenovo Lemon 3 hanya 2750 mAH saja.

 

Konektivitas.

Kedua smartphone sudah menggunakan jaringan 4G LTE dual on, dan memiliki dual SIM. Untuk konektivitas lainnya sama seperti smartphone umumnya.

 

Software.

Untuk sistem operasinya, keduanya sudah menggunakan Android Lollipop 5.1. Untuk Redmi 3 menggunakan MIUI sebagai software UI / tampilan. Sedangkan Lemon 3 menggunakan Vibe UI.

 

Harga.

Dari kabar yang diperoleh, kedua smartphone ini memiliki harga antara $ 106, bisa diatas atau dibawahnya namun tidak jauh. Jadi perbandingan harganya cukup ketat.

 

Jadi, setelah mengetahui kedua perbandingan diatas, akan memilih mana ? Pasti cukup berat untuk memutuskan. Tapi itu semua tergantung kita suka dan cocok memakai smartphone yang mana. Masalah lebih berat memilih yang mana mungkin tidak ada mengingat desain, spek, dan harga yang relatif sama.