Review / /
Siap Rilis Bareng, Alcatel Onetouch Idol 4 dan 4s

Selama ini smartphone di dunia selalu di dominasi oleh para vendor smartphone asal China, Korea, dan Amerika Serikat. Produk smartphone mereka telah banyak sekali berjejeran di pasaran smartphone di dunia. Namun tidak hanya vendor asal tiga negara itu saja yang bersaing memproduksi smartphone canggih berkualitas di seluruh dunia. Ada juga vendor dari Jepang, Swedia, dan bahkan Perancis. Nah, kali ini datang dari vendor asal Perancis yaitu Alcatel yang dikabarkan akan segera merilis dua produk smartphone mereka sekaligus. Yaitu Alcatel Onetouch Idol 4 dan 4s. Dua smartphone ini akan menyasar kalangan menengah keatas dengan spesifikasi yang mantap. Mau intip sedikit? Mari kita lihat.

alcatel onetouch idol 4 dan 4s

Desain.

Desain dari smartphone Alcatel Onetouch Idol 4 dan 4s ini cukup elegan. Yang pertama jika dilihat dari segi bentuk, untuk Alcatel Onetouch Idol 4 terlihat elegan dengan postur persegi panjang ramping, dan Alcatel Onetouch Idol 4s berpostur persegi panjang melebar.

Untuk desain bagian belakang ada tulisan “Idol” dan memiliki ukiran di chasing belakang yang berbentuk lingkaran. Untuk warna belum diketahui pasti varian apa saja yang tersedia.

 

Tampilan.

Untuk tampilan, dua smartphone ini dapat dkatakan oke. Yang pertama, untuk Alcatel Onetouch Idol 4 ini memiliki layar sentuh seluas 5,2 inchi dengan resolusi layar 1080p atau 1920 x 1080p.

Dan untuk smartphone Alcatel Onetouch Idol 4s ini memiliki layar seluas 5,5 inchi dengan resolusi Quad HD.

Jadi, untuk masalah layar smartphone ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

 

Kamera.

Beralih ke sisi kamera. Kedua smartphone ini punya spek mentok terbaru sekarang ini. Alcatel Onetouch Idol 4 ini memiliki resolusi kamera belakang sebesar 13 MP dengan LED flash. Dan untuk kamera depannya sudah beresolusi 8 MP.

Untuk si Alcatel Onetouch Idol 4s sendiri, kamera belakangnya beresolusi 16 MP dengan LED flash dan kamera depannya juga beresolusi 8 MP.

 

Performa.

Untuk mengisi dapur pacu dari kedua smartphone ini, Alcatel telah mengisinya dengan komponen yang mantap.

Mulai dari segi prosesor, Alcatel Onetouch Idol 4 menggunakan Qualcomm Snapdragon 617 Octa Core berkecepatan 1,7 GHz + 1,2 GHz. Sedangkan Alcatel Onetouch Idol 4s menggunakan Qualcomm Snapdragon 652 Octa Core berkecepatan 1,8 + 1,4 GHz.

Sedangkan untuk pengolah grafis ada GPU Adreno 405 untuk Idol 4 dan GPU Adreno 510 untuk Idol 4s.

Sebagai pengolah kinerja smartphone, Idol 4 telah dibekali RAM sebesar 3GB dan memori internal atau ROM 16 GB dan ada slot SD Card. Sedangkan Idol 4s dibekali RAM sebesar 3GB dan memori internal atau ROM 32 GB dan ada slot SD Card.

 

Baterai.

Untuk baterai, Idol 4 ini dibekali baterai berdaya 2610 mAH, dan Idol 4s dibekali baterai bedaya 3000 mAH. Ada fitur Quick Charge juga untuk pengisian cepat.

 

Jaringan.

Kedua smartphone ini telah mendukung jaringan 4G LTE, fitur dual SIM telah tersemat di keduanya. Untuk koneksi lain sama seperti smartphone pada umumnya.

 

Sistem Operasi.

Kedua samrtphone ini akan berjalan pada keluaran Android terbaru, yaitu OS Android 6.0 Marshmallow. Dan untuk tampilan / tema / UI masih belum diketahui, apakah akan menggunakan UI dari Alcatel atau memakai asli Android.

 

Harga dan Kabar.

Namun sayangnya, masih belum ada bocoran dari harga, tanggal rilis, hingga pasar yang akan dituju oleh smartphone ini nantinya. Kabar lebih lanjut akan dipresentasikan oleh Alcatel di acara MWC 2016 mendatang.