signal private messenger
Review / /
Signal Aplikasi Chat Paling Aman dari Peretasan

Di kalangan pengguna smartphone di seluruh dunia, pasti tidak asing dengan yang namanya WhatsApp, BBM atau BlackBerry Messenger, Line, WeChat, Facebook Messenger, dan masih banyak lagi. Semua aplikasi tadi adalah beberapa jajaran aplikasi chat yang begitu terkenal, dengan jutaan pengguna smartphone dengan berbagai platform menggunakannya.

Namun, patut diwaspadai juga bahwa dari jajaran – jajaran aplikasi chat pasti akan banyak menjadi incaran para hacker atau peretas. Entah karena alasan pembobolan rekening online, untuk mencari identitas dan privasi korban, atau alasan – alasan lainnya para peretas akan selalu melakukan aksinya dan mengandalkan celah keamanan yang ada di dalam aplikasi untuk melakukan peretasan. Kita sebagai pengguna patut untuk waspada akan hal ini. Apalagi, kalau sampai semua data dan privasi kita diambil orang dan digunakan untuk hal – hal yang merugikan kita. Di lain pihak, para pengembang aplikasi chat juga selalu memperbarui tingkat keamanan di aplikasi – aplikasi mereka.

Walau demikian, tetap saja banyak kasus pembobolan yang dilakukan oleh para peretas yang berhasil untuk meretas perangkat pengguna aplikasi chat. Dan syukurnya, sudah ada sebuah solusi untuk meminimalisir kasus peretasan dengan hadirnya sebuah aplikasi chat juga. Aplikasi chat ini bermana Signal.

Mari kita bahas sedikit tentang Signal aplikasi chat paling aman dari peretasan.
Signal

Signal adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google sendiri dan OWS atau Open Whisper System. OWS adalah sebuah organisasi non profit yang mana didalamnya ada berbagai programmer – programmer hebat dengan pendanaan untuk setiap projek mereka dari donasi masyarakat.

  • Bagaimana aplikasi chat Signal menjadi sebuah aplikasi paling aman dari peretasan?

Ini karena aplikasi Signal mengombinasikan antara TextSecure dan RedPhone sebagai basis pertukaran data komunikasi aplikasi ini. TextSecure sendiri adalah teknologi virtual yang memungkinkan pengguna aplikasi ini bisa mengirim dan menerima pesan teks dan pesan suara secara aman dan privasi terjaga. Sedang untuk RedPhone adalah teknologi pengamanan untuk memanggil dan menerima telepon antar pengguna aplikasi ini. Itulah mengapa keamanan dan dari berbagai fitur yang ditawarkan Signal begitu terjamin.
Namun, memang sebagai ganti keamanan pasti ada proses yang harus dilalui. Begitu juga dengan aplikasi Signal bahwa kita harus memperhatikan setiap update terbaru dari aplikasi Signal dan memakai sinyal Signal untuk menjalankan aplikasi ini. Jadi, dibutuhkan beberapa pengaturan agar bisa dengan aman memakai aplikasi ini. Tapi, pengaturannya simpel dan mudah kok.

  • Apakah sudah teruji?

Tentu saja iya. Tentu suatu aplikasi pasti sudah ditest atau diuji sebelumnya sebelum meluncur ke publik. Aplikasi Signal ini telah diuji coba oleh pengembangnya sendiri OWS. Dalam uji ini, salah seorang anggota mencoba untuk menyadap jaringan yang digunakan aplikasi chat Signal untuk transfer data. Hasilnya, tidak satupun kode dapat terpecahkan dalam data tersebut, baik data teks chat ataupun data selama proses telepon berlangsung.
Memang ini adalah hasil jerih payah OWS dan Google untuk menciptakan sebuah aplikasi teraman.

  • Bagaimana cara menggunakan aplikasi Signal?

Signal sendiri baru meluncur secara bersamaan untuk platform Android dan iOS pada awal November 2015 kemarin. Aplikasi ini bisa diunduh di AppStore untuk iOS dan Google Play untuk platform Android.
Setelah diunduh dan diinstal, kita aktivasi keanggotaan kita sebagai jaminan keamanan menggunakan nomor seluler kita, dan kode PIN. Nah, setelah itu kita tinggal menggunakannya layaknya kita menggunakan aplikasi chat lainnya. Jika login kembali cukup masukkan no. Seluler dan PIN kita saat mendaftar.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang aplikasi chat Signal. Kita bisa mengunduhnya dan mulai menggunakannya sebagai tempat berkomunikasi dengan orang – orang yang kita kenal, tanpa harus terlalu khawatir data dan privasi kita dicuri oleh para peretas cyber. Semoga dengan ini aplikasi Signal bisa terus berkembang dan terjaga keamanannya, dengan di lain sisi kasus peretasan dapat diminimalisir hingga tidak ada sama sekali.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menggunakan.