Review / /
Sony Xperia X Kelas Menengah dari X Series

Sony sebagai vendor ternama smartphone di dunia kini tengah merilis seri baru di smartphone Android mereka yaitu Seri Xperia X series. Dan pada seri ini, Siny telah memperkenalkan 3 buah smartphone baru mereka yang mengisi seri X ini yaitu Sony Xperia X Performance, Sony Xperia X, dan Sony XPeria XA.

Nah, kali ini kita akan membahas Sony Xperia X yang merupakan smartphone menengah atau medium dari ketiga smartphone X Series yang ada. Jadi akan sedikit lebih tinggi dari Sony Xperia XA namun dibawah Sony XPeria X Performance. Bagaimana detail speknya? Kita lihat di bawah ini.

Desain.

Dimulai dari desain smartphone ini. Smartphone ini memiliki desain bentuk yang kotak – kotak, dengan lengkungan di keempat sudutnya. Untuk dimensinya belum diketahui secara pasti, namun yang pasti smartphone ini sangat tipis sekali. Dan untuk bahan yang digunakan juga belum diketahui secara pasti.

Layar touchscreen sendiri juga bezel pinggir yang tipis atau borderless. Sehingga menambah kesan premium dari smartphone Sony Xperia XA ini.

Untuk pilihan warna ada Black, Pink, White, dan Gold.

 

Jadi memang bisa dikatakan, bahwa smartphone Sony XPeria XA dan Sony XPeria X memiliki desain yang sama.

 

Tampilan.

Di segi tampilan atau display, smartphone ini memiliki layar yang sangat luas sekali yaitu 5 inchi sama seperti XPeria XA. Tipe layar yang digunakan TRILUMINOS™ Display for mobile. Resolusi layarnya adalah full HD 1080p atau 1080 x 1920p dan kerapatan pixelnya adalah tidak diketahui.

 

Kamera.

Untuk masalah kamera, smartphone dari Sony sudah jangan diragukan lagi kehebatannya. Sony memang dikenal juga sebagai vendor kamera, baik digital dan analog yang memiliki kualitas bagus sekali.

Untuk kamera Sny Xperia X, smartphone ini memiliki resolusi kamera belakang s23 MP 1/2.3” Exmor™ RS for mobile sensor, Predictive Hybrid AF.

Untuk kamera depan beresolusi 13 MP, 1/3” Exmor™ RS for mobile sensor.

 

Performa.

Nah, mengalih ke dapur pacunya. Smartphone ini telah diisi dengan prosesor dari chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 dengan inti di dalamnya Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72 + quad-core 1.4 GHz Cortex-A53. Untuk GPU sebagai pengolah grafis pun juga sama dari Adreno 510.

Untuk RAM sendiri ada dua pilihan, yaitu yang sebesar 3 GB. Kalau untuk ROM sebagai memori internalnya, besarnya 32 GB atau 64 GB dan bisa ditambah dengan slot SD Card sampai 200 GB.

 

Baterai.

Untuk baterai, hanya sebesar 2620 mAH, lebih besar dari Sony XPeria XA. Inilah kelemahan dari smartphone Sony Xperia yang tidak hilang sampai sekarang. Namun asal tahu saja, walau daya baterai yang standar, smartphone XPeria selalu memiliki fitur penghemat daya atau power saver yang terbukti ampuh.

 

Sistem Operasi.

Smartphone ini juga up to date kalau masalah sistemnya. Ini karena menggunakan sistem operasi dari OS Android 6.0.1 Marshmallow. Untuk desain antarmuka menggunakan OS Cyanogen yang sudah dipercayakan Sony di semua smartphone XPeria.

 

Koneksi.

Untuk koneksi, jaringan 4G LTE, 3G HSPA sudah pasti didukung oleh smartphone ini. Selain itu dual SIM pula. Untuk koneksi lain, sama standar seperti smartphone umumnya.

 

Harga dan Kabar.

Dan untuk kabarnya, smartphone ini dijual dengan harga sekitar Rp. 8 jutaan dan akan diluncurkan awal tahun ini.