sony xperia z4
Review / /
Sony Xperia Z4, Inovasi Baru Sony Mobile

Beberapa waktu yang lalu Wikileaks menungkapkan informasi sensitif berupa email, file-file rahasia, dan file excel dari basis data dokumen internal Sony. Beberapa informasi bahkan mengungkapkan informasi penting tentang ponsel terbaru Sony Xperia Z4 yang belum resmi dirilis. Mulai dari konsep tampilan ponsel sampai ke fitur-fitur yang akan terdapat di dalam produk terbaru Sony tersebut.

Dari akun @wikileaks bahkan mengungkapkan bahwa Sony akan memulai inovasi baru dari produknya dengan desain ponsel penuh dengan logam bahkan ponsel ini akan menggunakan scanner sidik jari sebagai kunci power. Seperti yang diungkapkan wikileaks, ponsel terbaru Sony ini nampaknya mengambil tema “mulus”, “sederhana”, dan “solid”.

Namun, semua pertanyaan tentang kebenaran informasi tersebut terjawab. Pihak Sony Mobile baru saja mengeluarkan pernyataan yang meresmikan model smartphone terbaru keluaran mereka. Sony Xperia Z4 akan menampilkan layar selebar 5.2-inci dengan resolusi 1080 x 1920. Layar ini akan didukung dengan 64-bit octa-core Snapdragon 810. Kapasitas RAM 3GB ditanam dalamnya bersama dengan memori penyimpanan 32GB.

Bahkan smartphone canggih ini juga menyediakan slot microSD 128GB bagi pengguna yang membutuhkan lebih banyak memori penyimpanan. Sebuah kamera beresolusi 20.7MP terdapat di bagian belakang ponsel dengan kamera depan beresolusi 5.1MP untuk video chatting dan tentunya selfies. Kapasitas baterainya juga cukup besar, yaitu 2930 mAh yang dapat membuat smartphone canggih ini hidup lebih lama serta Sistem Operasi Android 5.0.

Sony Xperia Z4 akan tersedia dalam warna Putih, Hitam, Tembaga dan Aqua Green. Smartphone bersertifikat IP6 untuk debu serta bersertifikat IP5 dan IP8 untuk air. Maksudnya? Sertifikat ini menunjukkan bahwa Xperia Z4 terlindung terhadap ” Air akan di didorong oleh corong selebar 6.3 mm dari pelindung ponsel dari semua arah.” Ini juga berarti bahwa ponsel dapat terendam di dasar air sedalam 4,92 meter selama 30 menit dan diangkat tanpa “cedera”.

Pihak Sony mengatakan bahwa produk terbaru mereka ini hanya memiliki tebal 6.9 mm, berat 144 gram, dan memiliki bingkai logam. Hal ini menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki tebal 4 mm lebih tipis dan berat 8 gram lebih ringan pendahulunya. Bingkai logampun dipasangkan dengan tujuan untuk membuat tampilannya lebih bersinar. Dan satu lagi hal baru dari Xperia Z4 adalah “mode memasak” yang ditambahkan di kamera belakang, yang membantu pengguna untuk mengambil gambar “makanan” dengan lebih indah.

Beberapa aksesoris dari ponsel ini telah terungkap, termasuk Cover Window tahan air yang memungkinkan anda melihat informasi penting di layar ponsel anda namun ponsel tetap terlindungi. Cover Window ini juga akan tersedia dalam empat warna yang sama dengan warna Xperia Z4 itu sendiri, harganya berkisar 59 US Dollar.

Sony Xperia Z4 ini diperkirakan akan membuat debutnya sekitar bulan September, kemungkinan bertepatan dengan IFA 2015 di Berlin.