Review / /
Spesifikasi Terbaru Xiaomi Redmi 3

Kabar terbaru lagi dari perusahaan smartphone terbesar di China, Xiaomi. Kabarnya, setelah memperkenalkan produk terbarunya Xiaomi Mi 5, kali perusahaan besar ini akan memperkenalkan produk terbaru mereka lagi. Produk terbaru ini adalah sebuah smartphone untuk kalangan menengah, yang merupakan seri lanjutan dari smartphone sebelumnya. Yaitu Xiaomi Redmi 3. Seri Redmi merupakan seri smartphone untuk kalangan menengah dengan kualitas yang mantap dibanding merek – merek smartphone lain kelas menengah. 

Dengan kelanjutan dari seri sebelumnya, Xiaomi Redmi 2 Prime, digadang Redmi 3 ini hadir dengan desain, dan spesifikasi yang lebih mantap. Jadi, para penggemar dan pecinta smartphone Xiaomi tidak sabar lagi untuk menunggu rilis resmi dari Xiaomi termasuk harganya. Berikut kita bahas lebih lanjut lagi.

redmi 3

Xiaomi Redmi 3 ini hadir dengan desain yang lebih tipis dari seri sebelumnya Xiaomi Redmi 2 & Redmi 2 Prime. Sekilas, desainnya mirip sekali dengan iPhone 6 yang tipis, luas layarnya, dan sudut smartphone yang melengkung.

Smartphone ini memiliki layar seluas 5 inchi, yang mana lebih luas daripada seri Redmi 1 dan Redmi 2 & Redmi 2 Prime yang hanya seluas 4,7 inchi. Layarnya menggunakan layar tipe IPS Display Touchscreen, dengan resolusi HD 720p atau 720 x 1080p dan kerapatan layarnya 294 ppi. Lapisan layarnya, dilapisi dengan kaca tipis dari Dragon Tail yang digadang lebih tipis dan kuat daripada Gorilla Glass.

Dimensi smartphone ini : panjang 139.3 mm, lebar 69.4 mm, dan ketebalan 8.5 mm dan beratnya hanya 144 gram saja, sangat ringan sekali. Dan smartphone ini menggunakan chasing metal seluruhnya.

Di bagian dalamnya, sudah jangan diragukan lagi. Smartphone ini memiliki prosesor dari chipset dari Qualcomm Snapdragon 616, dengan 8 inti (Octa Core) berkecepatan 1,5 Ghz. Di sisi pengolah grafisnya sudah ada GPU chipset Adreno 405. Prosesor yang dipakai pada Redmi 3 ini dikatakan lebih handal dibanding Xiaomi Mi 4 yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 615.

Untuk segi pengolah kinerja smartphone sudah ada RAM sebesar 2 GB dan ROM sebagai memori internal sebesar 16 GB, plus tambahan slot SD Card sampai maksimal 128 GB.

Baterainya berdaya lebih besar, yaitu sekitar 4.100 mAH. Wow, ukuran daya yang 2 kali lipat lebih besar dari seri sebelumnya. Bahkan Xiaomi Redmi Note 3 yang baru saja rilis hanya memiliki daya 4.000 mAH saja. Dan tentu saja, sudah mendukung fast charging untuk pengisian cepat.

Di segi pemrotetan, ada kamera belakang yang resolusinya besar, yaitu sekitar 13 MP dengan LED flash. dan kamera depan beresolusi 5 MP. Dan ada fitur autofocus yang hanya butuh 0,1 detik saja untuk focus. Dan untuk perekaman, kamera belakang mampu merekam video full HD 1080p@30fps. Di kamera depan, ada fitur face recognition dengan aplikasi 36 beauty untuk editing foto.

Dan di sisi konektivitas ada jaringan 4G LTE, dengan Dual SIM. Untuk fitur lain sudah seperti smartphone pada umumnya.

Dan kabar baiknya lagi, dari semua fitur mantap yang peningkatannya bagus sekali, smartphone Xiaomi Redmi 3 ini dibanderol dengan harga hanya $105 saja. Atau sekitar Rp. 1.500.000 saja. Wow. Namun, belum tersedia di pasar Indonesia, jadi harus menunggu beberapa waktu sampai dijual di Indonesia.