Review / /
VAIO Phone Biz Hadir dengan Windows 10

Apa jadinya kalau sebuah merek notebook, dan tablet menjadi sebuah merek smartphone ? Nah, inilah yang akan dilakukan oleh VAIO yang merupakan anak perusahaan dari Sony. VAIO kini akan memproduksi sebuah smartphone dengan sistem operasinya adalah OS Windows 10. Smartphone ini bernama VAIO Phone Biz. Bagaimanakah spesifikasi dari smartphone ini ? Dan harganya ? Serta apakah akan dijual di pasar Indonesia ? Mari kita simak saja kelanjutannya.

VAIO Phone BizDesain.

Smartphone ini memiliki desain yang standar layaknya smartphone biasa dengan bentuk persegi panjang kaku. Dengan dimensi 156.1 mm panjangnya , 77 mm lebarnya , dan 8.3 mm tebalnya. Bobotnya lumayan berat yaitu 167 gram.

Sayangnya, smartphone ini terlalu tebal bagian bawahnya padahal tidak berisi tombol – tombol penting. Dan bagian samping layarnya pun tidak borderless (tanpa pembatas).

Bahan chasing belakangya adalah aluminium. Dan lapisan tempered glass telah menutupi seluruh bagian depan smartphone.

Untuk pilihan warnanya, belum diketahui apakah ada varian lain selain warna silver black ini.

 

Tampilan.

Tampilan dari smartphone ini lumayan memukau. Ini karena smartphone ini memiliki layar berluaskan 5,5 inchi dengan resolusi layar full HD 1080p (1920 x 1080p), dan kerapatan layarnya adalah 401 ppi.

 

Kamera.

Kamera yang dimiliki smartphone ini pun tak kalah dengan smartphone berbasis Android, yaitu dengan kamera utama 13 MP dengan LED flash, dan kamera depannya beresolusi sebesar 5 MP. Dan kedua kamera ini telah ada fitur autofocus.

 

Performa.

Di dalam smartphone ini komponen pemicu performa tinggi telah ditanamkan oleh VAIO. Ada komponen chipset mulai dari CPU atau prosesor dari Qualcomm Snapdragon 617 Octa Core (8 inti) 64 BIT.

Untuk RAM sendiri, smartphone ini sudah memilikinya sebesar 3 GB sebagai pengolah kinerja smartphone. Dan untuk ROM atau sebagai memori internalnya sudah sebesar 16 GB dan ada slot SD Card tambahannya.

 

Baterai.

Smartphone ini memiliki daya sebesar 2800 mAH. Walau terlihat standar, namun kita boleh acungi jempol terhadap smartphone VAIO Phone Biz ini. Ini karena smartphone ini memiliki power saving yang lebih baik daripada smartphone berbasis Android.

Selain itu ada juga fitur Quick Charging untuk pengisian daya cepat.

 

Jaringan.

Untuk jaringan, Smartphone ini telah mendukung jaringan 4G LTE dengan dukungan dual SIM. Untuk koneksi lain sama seperti smartphone pada umumnya seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi, Hotspot, dll.

 

Sistem Operasi.

Sistem operasi yang digunakan sudah pasti adalah Windows 10. Kita tahu bahwa Windows 10 bisa digunakan langsung untuk smartphone.

 

Fitur lain.

Fitur lainnya adalah di Windows 10 ini ada fitur Cortana dan Office 365. Office 365 ini adalah aplikasi kantor yang bisa didapat gratis dan fitur yang lengkap seperti Microsoft Office versi PC atau notebook. Mengingat di smartphone Android fitur ini tidak ada, kalau adapun tidak selengkap Office 365.

ScreenBeam Mini2 Continuum, sebagai software untuk menghubungkan smartphone ini dengan berbagai projektor untuk berbagai keperluan presentasi. Mengingat untuk smartphone Android kita perlu mengunduh setiap software yang belum tentu bisa dijalankan dengan smartphone Android tipe tersebut.

 

Harga dan Kabar.

Smartphone ini masih dijual di dalam negara Jepang saja tempat asal Sony VAIO. Disana samrtphone ini dijual $430 atau sekitar Rp. 5.900.000. Namun belum ada kabar apakah akan dijual juga diluar Jepang.