Xiaomi Mi 4i
Review / /
Xiaomi Mi 4i, Ponsel Berteknologi Tinggi dengan Harga Terjangkau

Pada tanggal 23 April yang lalu, Xiaomi menampilkan produk smartphone terbarunya, Xiaomi Mi 4i, dalam sebuah acara di New Delhi, India. Perangkat ini adalah yang pertama yang dirancang di luar China dan juga yang pertama yang menjalankan Android Lollipop. Ponsel ini akan tersedia dengan harga 12.999 INR (sekitar 205 US Dollar) pada tanggal 30 April mendatang. Hal ini disesuaikan untuk India di mana ponsel ini akan memulai debutnya.

Mi 4i dirancang dengan layar 5 inci dan tampilan hingga 1080 piksel serta kamera belakang yang mengesankan dengan resolusi 13 megapixel yang di dalamnya terdiri dari lensa dengan lima elemen. Tidak ketinggalan juga kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel. Wakil presiden Xiaomi, Hugo Barra, yang memperkenalkan perangkat juga mengungkapkan bahwa teknologi ‘beutify’ (mempercantik) pada ponsel ini sekarang telah diaktifkan secara default untuk mengambil selfies. Dengan teknologi ini, keriput akan seketika lenyap dari layar ponsel.

Mi 4i diaktifkan oleh generasi kedua Snapdragon 615 dari Qualcomm, yang mencakup prosesor 8-core 64-bit. Dengan RAM 2GB dan memori on-board 16GB. Mi 4i adalah ponsel dual-SIM yang mendukung pada jaringan 4G untuk kedua slot.

Ukuran ponsel ini pun cukup bersahabat dengan tebal 7.8mm dan berat 130 gram, serta didukung oleh kapasitas baterai mencapai 3120 mAh. Barra mengatakan bahwa fitur quick charge yang ditanam dalam ponsel ini memungkinkan 40 persen daya baterai dapat terisi dalam waktu satu jam, atau terisi penuh dalam tiga jam.

Xiaomi memberikan banyak penekanan pada fitur pengambilan foto dengan ponsel terbarunya ini. Satu tambahan yang menarik adalah teknologi yang disebut ‘Sunlight Tampilan’, seperti yang ditunjukkan oleh Barra, fitur ini dapat meningkatkan visibilitas gambar di layar pada kondisi sinar matahari yang terik. Xiaomi juga dikemas dengan fitur HDR, yang memasukan efek gamma dan kontras tuning, koreksi warna, dan low-light de-noising. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap moment seperti seorang fotografer profesional.

Mi 4i, yang dikembangkan dari Mi 4 pada musim panas lalu ini akan tersedia dalam lima warna saat peluncuran nanti. Pembeli tentu akan memiliki banyak pilihan untuk ponsel menarik ini.
Pembukaan pertama produk Xiaomi ini di India adalah yang terbaru dalam serangkaian upaya untuk mengembangkan usaha dan perkenalannya di negara ini. Perusahaan China ini berada diperingkat terbesar ketiga di dunia untuk pembuatan ponsel berdasarkan jumlah penjualannya. Perangkat Mi Xiaomi awalnya hanya tersedia via online pengecer Flipkart. Namun berkat kesepakatan eksklusifnya dengan beberapa pihak, Xiaomi akan memulai penjualan smartphone-nya melalui Amazon dan Snapdeal untuk sistem online dan juga melalui outlet dan ritel secara offline dari operator Airtel dan Mobile Store.