Android vs Apple
Tips / /
Alasan-alasan Mengapa Android Lebih Baik Daripada iPhone

Persaingan di industri ponsel cerdas begitu ketat. Sejumlah pemain baru turut meramaikan persaingan di jagad elektronik terutama sektor telepon genggam. Hal ini dipicu tingginya permintaan masyarakat terhadap ponsel cerdas dan keinginan perusahaan untuk mampu ‘merangkul’ semua pelanggannya hingga lapisan paling bawah. Sehingga hal ini juga mendorong berbagai vendor untuk berupaya menghasilkan ponsel cerdas yang diinginkan masyarakat namun dengan bandrolan harga yang masih dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Tipe ponsel cerdas yang kini menjadi dominan di kalangan masyarakat adalah ponsel cerdas yang menggunakan sistem operasi Android. Semenjak dikenalkan pertama kali, ponsel Android menjadi primadona masyarakat Indonesia dan posisinya sudah mampu menyaingi ponsel Apple, iPhone. Berbagai pro dan kontra terhadap penggunaan produk ini mulai muncul dan setiap kubu berusaha untuk mempertahankan apa yang mereka miliki.

Sebenarnya lebih baik yang mana antara ponsel Android dan iPhone? Jawabannya tergantung pada pengguna dan kebutuhan mereka masing-masing. Namun, bagi Anda pengguna ponsel Android, mungkin Anda akan setuju dengan alasan-alasan mengapa Android lebih baik daripada iPhone berikut ini.

  1. Play Store yang terdapat di sistem operasi Android lebih besar daripada AppStore. Di tahun 2014, Play Store sanggup menyalip App Store dalam jumlah aplikasi yang mampu disediakan untuk diunduh pengguna ponsel Android. Setidaknya ada 1.4 juta aplikasi yang ada di Play Store, unggul sekitar 200.000 aplikasi dibandingkan dengan jumlah yang ada di App Store.
  2. Sistem operasi Android lebih mampu disesuaikan. Beberapa orang mungkin cukup puas dengan sifat homogen bawaan sistem operasi Apple namun sebagian lainnya menginginkan beberapa perubahan yang hanya bisa dilakukan pada ponsel Android. Pengguna bisa mengubah hampir setiap aspek penampilan pada layar jika mereka menggunakan ponsel Android. Inilah yang menjadikan ponsel Android dikenal lebih fleksibel dibandingkan dengan iPhone.
  3. Ponsel Android terkenal memiliki pengisi baterai Micro-USB yang ada di mana-mana. Hal ini tentunya sangat membantu Anda jika suatu saat Anda kehabisan baterai ponsel dan tidak membawa kabel pengisi daya. Anda bisa berbagi dengan rekan yang mempunyai tipe pengisi daya yang sama dengan yang dibutuhkan ponsel Anda. Berbeda halnya dengan iPhone yang memiliki pengisi baterai dengan tipe yang berbeda dengan ponsel Android. Tentunya pengguna iPhone harus lebih siap sedia soal ini ya.
  4. Sistem operasi Android bisa diaplikasikan untuk hampir semua merek ponsel. Hal ini tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda terhadap ponsel, apakah Anda membutuhkan ponsel Android yang mampu digunakan untuk menemani Anda ketika berolah raga outdoor, atau Anda membutuhkan ponsel Android yang sekelas dengan iPhone. Lagi-lagi hal ini membuktikan fleksibilitas sistem operasi Android dibandingkan dengan sistem operasi iOS.
  5. Ponsel Anda dilengkapi dengan fitur kamera canggih yang berukuran besar? Tentunya hal ini akan membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar bukan? Keunggulan lain yang ada pada ponsel Android adalah Anda bisa menambahkan sendiri memori penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak seperti iPhone yang hanya mengandalkan memori penyimpanan internal, ponsel Android pun ada yang sanggup menerima memori penyimpanan eksternal berkapasitas hingga 200 GB. Wow!

Itulah ulasan singkat mengenai alasan-alasan mengapa Android lebih baik daripada iPhone. Meski kita tahu bahwa iPhone merupakan ponsel kelas premium yang menawarkan berbagai hal dan keunggulan mereka, sebenarnya ponsel Android pun tidak kalah bagus. Sekarang tinggal penggunanya yang merasakan apakah kebutuhannya akan ponsel cukup dengan menggunakan ponsel Android atau memang membutuhkan ponsel produksi perusahaan mendiang Steve Jobs tersebut.