backup data
Tips / /
Aplikasi Andalan untuk Backup Data Android

Pernahkah kita mengalami masalah pada smartphone kita yang tiba – tiba datanya “corrupt”? Atau mengalami gagal instal custom ROM yang membuat smartphone menjadi gagal booting? Atau mungkin terserang virus dan membuat data kita hilang semua?

Dan masih banyak lagi masalah kehilangan data yang mungkin sebagian dari kita pernah alami. Tentu itu semua sangat menyedihkan. Seperti foto, video, games, atau file – file penting lain yang kita simpan dan jaga sebaik – baiknya malah hilang dan tidak ada sisa atau jejak. Bagaimana itu bisa terjadi? Jawabannya ada banyak sekali. Namun pastinya masalah akan terjadi, jadi kita tidak akan membahas tentang penyebabnya, namun cara untuk menanggulangi masalah ini.

Yah, cara agar data kita yang mungkin pernah hilang bisa kembali lagi, atau sekedar berjaga – jaga jika mungkin masalah kehilangan data ini terjadi, kita bisa memperbaikinya kembali. Cara ini dinamakan “BackUp” atau penyimpanan kembali. Nah, berikut ini akan kita sebutkan beberapa aplikasi Android untuk melakukan BackUp. Berikut ini aplikasi andalan untuk backup data Android.

  • CM Backup

Yang pertama adalah CM Backup. Kalau aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Sudah sangat terpercaya dan sudah digunakan oleh jutaan pengguna Android di dunia.

Salah satu produk unggulan CM adalah Clean Master yang sudah dipasang 100 juta lebih perangkat Android. Karena itulah tidak perlu diragukan lagi aplikasi backup yang satu ini.

Aplikasi CM Backup ini mampu menyimpan dan mengembalikan data pesan, log panggilan, kontak, file (foto, video, dan file lain), aplikasi yang terinstal, bookmark browser. Dna juga ada fitur keamanan (SSL) dan storage (256-AES).

Download CM Backup

  • Helium

Yang selanjutnya adalah Helium. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi backup yang tergolong berukuran kecil. Jadi, saat menggunakan aplikasi ini maka akan terasa ringan dan tidak terlalu membebankan sistem Android kita.

Untuk menggunakannya, caranya sangat mudah dan simpel. Menu yang mudah untuk dilihat dan dibaca, serta proses backup yang sangat cepat dan stabil. Tergolong aplikasi backup yang bagus walau ringan.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah tanpa adanya iklan. Alias gratis tis.

Download Helium

  • Go Backup and Restore

Go Backup dan Restore adalah salah satu unggulan dalam hal backup. Sudah diunduh sebanyak 5 juta kali lebih di seluruh dunia. Go adalah salah satu perusahaan unggulan dengan berbagai produk unggulan miliknya. Salah satunya adalah Go Launcher.

Ada dua versi Go Backup and Restore. Yaitu versi free dan premium. Aplikasi backup ini mampu untuk mem-backup file – file penting seperti foto, video, musik, note, dan lainnya. Untuk versi pro terdapat beberapa fitur tambahan seperti backup upload via DropBox dan Google Drive, serta dapat menyimpan settingan pada OS Android kita.

Download Go Backup and Restore

Sekian tadi deretan aplikasi – aplikasi terpercaya untuk proses backup di berbagai perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Dengan menggunakan aplikasi – aplikais di atas, maka jangan kahawatir untuk kehilangan data kita selamanya. Oke, segera lakukan backup agar tidak menyesal karena kehilangan data kita, dan semoga bermanfaat.