Android
Tips / /
Kiat-kiat Meningkatkan Kinerja Android

Ponsel cerdas dengan sistem operasi Android nampaknya menjadi ponsel yang paling banyak diminati oleh masyarakat dan pecinta ponsel cerdas. Tren munculnya ponsel dengan sistem operasi inilah yang mulai menyingkirkan pemain lama di industri ponsel yang sempat meraja selama 14 tahun lamanya yaitu Nokia Corporation. Sistem operasi ini tidak terikat hanya pada satu produsen saja namun digunakan juga oleh banyak merek ponsel cerdas.

Jika Anda pengguna ponsel cerdas dengan sistem operasi Android, Anda pasti mengalami beberapa masalah yang sama dengan pengguna lainnya. Beberapa masalah yang kerap dihadapi oleh para pengguna ponsel cerdas Android ini seperti sistem kerap kali lambat berproses dan kerap terjadi hang, baterai yang cepat habis, aplikasi yang kerap berhenti secara tiba-tiba, masalah pada konektivitas, serta masalah ketidak responsifan layar sentuh. Bagi Anda yang bekerja dan membutuhkan perangkat yang bisa diandalkan, kejadian seperti ini tentunya sangat merugikan dan menghambat pekerjaan Anda. Namun, bila Anda sudah terlanjur membeli atau menggunakan ponsel cerdas Android, kami akan menyajikan kiat-kiat meningkatkan kinerja Android sehingga masalah-masalah tadi bisa sedikit dikurangi dan membantu Anda dalam bekerja.

  1. Rutin melakukan update perangkat lunak akan menghindarkan dan mengatasi masalah performa buruk pada ponsel cerdas yang menggunakan sistem operasi Android. Dengan melakukan update, Anda juga membantu perangkat Anda untuk bisa semakin menyesuaikan dengan perubahan dari pusat yang diharapkan bisa semakin membuat ponsel bekerja secara efektif dan efisien.
  2. Rata-rata pengguna ponsel cerdas Android merasa butuh mengunduh aplikasi pihak ketiga. Sayangnya mereka tidak memperhitungkan bahwa tindakan ini akan membutuhkan memori internal, RAM, juga baterai. Lambannya kinerja ponsel cerdas Anda bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang diunduh. Hapus yang dirasa tidak terlalu bermanfaat untuk menjaga kinerja ponsel tetap baik.
  3. Menghilangkan aplikasi bawaan yang dirasa tidak perlu dan tidak terlalu sering dipakai juga bisa menjadi alternatif cara untuk meningkatkan kinerja ponsel Android Anda.
  4. Sebisa mungkin hindari penggunaan Live Wallpaper. Tipe wallpaper ini akan menguras banyak daya baterai ponsel sehingga baterai Anda menjadi cepat habis. Penggunaan Live Wallpaper sama saja dengan Anda menggunakan ponsel untuk bermain game tanpa henti sehingga mengganggu kestabilan performa dan daya ponsel.
  5. Buang widget yang dirasa tidak membantu Anda dalam menggunakan ponsel. Pengaruhnya terhadap kinerja ponsel setara dengan pengaruh penggunaan Live Wallpaper. Widget yang terlalu besar dan berlebihan membuat kinerja ponsel menjadi buruk, apalagi untuk widget real-time yang selalu melakukan pembaharuan dalam jangka waktu tertenu. Gunakan widget yang memang benar-benar penting dan vital untuk menunjang pekerjaan Anda.
  6. Pikir dua kali sebelum menginstall aplikasi. Perhatikan apakah aplikasi yang akan diunduh benar-benar dibutuhkan. Penggunaan terlalu banyak aplikasi – meskipun aplikasi optimizer – membuat kinerja ponsel Android Anda memburuk.
  7. Jika Anda ingin menggunakan Launcher, pilah-pilih sebelum mengunduhnya. Terdapat berbagai macam launcher yang tersedia di PlayStore. Pastikan Anda menggunakan launcher yang tidak terlalu berat dan besar karena memicu timbulnya lag ketika ponsel Anda beroperasi.
  8. Pemilihan memori penyimpanan juga menjadi salah satu faktor pendukung kinerja ponsel Android. Kiranya Anda memilih memori penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan ponsel, jangan dipaksakan di luar kemampuan ponsel. Perhatikan juga bahwa memori tersebut juga bukan memori penyimpanan yang terkenal bermasalah.

Itulah kiat-kiat meningkatkan kinerja Android yang bisa Anda aplikasikan pada ponsel cerdas Anda. Dengan begitu, kinerja ponsel akan semakin membaik dan pekerjaan Anda akan terbantu sehingga dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.