Tips / /
Spesifikasi yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Smartphone

Memahami spesifikasi smartphone wajib dilakukan sebelum menentukan pilihan, karena hampir setiap minggu produk-produk smartphone terbaru muncul di pasaran dengan berbagai macam harga dan spesifikasi. Banyaknya pilihan tersebut di satu sisi menguntungkan para konsumen karena memiliki lebih banyak alternatif smartphone untuk dipilih, sesuai dengan selera dan kemampuan kantong mereka, tapi di sisi lain memunculkan kebingungan, perangkat mana yang spesifikasinya sesuai atau lebih murah dari harga yang ditawarkan.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih perangkat yang hendak dibeli, perhatikan beberapa spesifikasi smartphone berikut ini:

Central Processing Unit (CPU)
Keberadaan CPU sangat penting bagi sebuah smartphone karena fungsinya tidak jauh berbeda dengan otak pada manusia. Semakin canggih otak yang ditanamkan, maka semakin lancar aktifitas tasking yang dapat dilakukan. Untuk spesifikasi minimum CPU pada smartphone sebaiknya tidak kurang dari Dual-Core.

General Processing Unit (GPU)
Sektor grafis pada smartphone dipengaruhi keberadaan GPU yang menentukan kualitas gambar saat dipakai untuk memutar video atau memainkan game. Jika menginginkan kualitas grafis yang sempurna, maka spesifikasi GPU yang tertanam pada smartphone juga harus tinggi.

RAM
Fungsi dari RAM adalah untuk mengatur keseimbangan berbagai macam perangkat yang menyertai smartphone pada saat melakukan kegiatan multitasking. Agar aktifitas multitasking lancer tanpa sedikitpun mengalami gangguan, sebaiknya memilih smartphone dengan kapasitas RAM tidak kurang dari 1 GB.

Layar atau Display
Spesifikasi smartphone yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah kualitas layar. Kualitas yang dimaksud bukan berarti ukuran, karena tidak sedikit smartphone dengan bentang layar yang lebar justru memiliki tampilan grafis yang mengecewakan. Kualitas layar ditentukan oleh jumlah dan kerapatan pixels yang membangun unsur warna. Semakin banyak pixels yang dimiliki maka semakin sempurna tampilan grafis yang disajikan. Apalagi jika layar tersebut dibekali dengan tekhnologi IPS atau Amooled, maka gambar yang ditampilkan akan semakin sempurna.

Baterey
Sebagai sumber daya penggerak piranti yang tertanam di dalam smartphone, keberadaan baterey tentunya wajib diperhatikan, karena menentukan lamanya waktu pemakaian. Bagi mereka yang sering beraktifitas di luar rumah, dan jarang memiliki kesempatan untuk mencharge baterey, ada baiknya untuk memilih smartphone yang dibekali baterey dengan kapasitas tidak kurang dari 2000 mAh, agar tidak mengalami gangguan low-bat saat di perjalanan.

Kamera
Bagi Anda yang suka mengabadikan berbagai momen, spesifikasi kamera tidak boleh dilupakan, karena akan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Ada baiknya memilih smartphone dengan resolusi lensa belakang minimal 5 MP, agar gambar yang dihasilkan tidak pecah saat diperbesar. Jika ingin foto dengan kualitas professional, resolusi di atas 13 MP sangat disarankan. Sayangnya, untuk smartphone yang memiliki kamera di atas 13 MP hanya smartphone premium dengan harga yang cukup menguras isi saku. Sedang untuk front kamera, lensa dengan resolusi 3 MP sudah cukup bagus untuk dipakai selfie atau melakukan aktifitas video calling.

Demikian beberapa spesifikasi smartrphone yang harus diperhatikan sebelum memasukkannya ke dalam daftar belanja.