smartphone
Tips / /
Tips Membeli Smartphone Bekas

Tips memilih smartphone bekas perlu diketahui, utamanya bagi mereka yang ingin membeli smartphone canggih dengan harga yang terjangkau. Karena saat ini, tidak sedikit ponsel-ponsel yang masih terbilang baru sudah dilempar ke pasaran karena pemiliknya ingin memperbarui perangkat yang dimilikinya dengan produk terbaru lainnya. Jadi, jangan dikira karena barang second lantas kondisinya memprihatinkan. Jika Anda pandai memilih dan tahu cara memilih ponsel bekas, maka produk canggih yang dijual di toko dengan harga mahal, bisa Anda dapatkan dengan harga yag murah.

Berikut beberapa tips saat memilih ponsel bekas:

  1. Kondisi Baterei
    Kondisi baterei kerapkali dilupakan oleh mereka yang membeli smartphone bekas. Padahal, keberadaan baterei merupakan sesuatu yang vital dengan harga yang juga tidak murah. Untuk itu, pastikan bahwa baterei smartphone tidak mudah drop apalagi dalam keadaaan menggelembung.
  2. Segel dan Garansi
    Tips membeli smartphone bekas lainnya adalah dengan melihat apakah smartphone tersebut masih dalam kondisi tersegel. Karena segel merupakan jaminan bahwa perangkat tersebut belum pernah rusak dan belum pernah dibawa ke tempat service. Kondisi barang yang belum pernah rusak jauh lebih aman dan lebih awet dibandingkan dengan barang yang pernah dibongkar oleh tukang service. Lebih aman lagi jika barang tersebut masih memiliki masa garansi, karena begitu terjadi masalah dengan perangkat, tinggal kita bawa ke agen penjualan dari ponsel tersebut.
  3. Bandingkan Harganya
    Untuk mengetahui murah-tidaknya harga ponsel bekas, selain harus mengetahui harga barunya juga wajib tahu harga bekasnya yang dapat dengan muda kita cek lewat situs-situs perbandingan harga atau online shop yang menjual barang-barang second. Jangan membeli barang second dengan harga lebih dari 80% harga baru. Jika sudah menemukan barang yang hendak dibidik, bandingkan lagi dengan harga barang-barang sejenis yang ditawarkan lewat internet. Dengan cara begitu, Anda akan bisa mendapatkan smartphone dengan harga yang termurah.
  4. Pastikan Kondisi dan Kelengkapan Perangkat
    Usahakan untuk tidak membeli ponsel batangan atau ponsel yang dijual tanpa kelengkapan perangkat, karena dikhawatirkan dari hasil curian. Kalaupun tidak ada dushbooknya, setidaknya dilengkapi dengan charge serta headset originalnya. Jika Anda membeli secara langsung, pastikan kondisi perangkat dengan mencoba setiap fiturnya, seperti melihat keadaan layar, fungsi dari setiap komponen, kualitas speaker, dan yang lainnya. Jika Anda membeli lewat online shop, baca dengan cermat kondisi dan kelengkapan perangkat, dan jangan membeli perangkat yang detail produknya tidak jelas.
  5. Jangan Beli Smartphone KW
    Banyaknya smartphone KW yang beredar di pasaran mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati, tidak hanya saat membeli ponsel baru tapi juga saat akan membeli ponsel bekas. Boleh saja membeli ponsel bekas, tapi jangan pernah sekalipun membeli ponsel KW. Sebab selain spesifikasi yang dijanjikan kerapkali tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, kualitas barang juga patut dipertanyakan.

Demikian beberapa Tips membeli smartphone bekas yang harus kita ketahui, agar dapat memperoleh barang second dengan kondisi dan kualitas yang bagus, serta harga yang termurah.