Tips / /
Tips Mengisi Baterai Smartphone Lebih Cepat

Di zaman serba canggih ini, kita sudah mengenal berbagai bentuk kemajuan teknologi yang salah satunya adalah smartphone atau ponsel cerdas. Kemajuan teknologi ini dimaksudkan untuk mempermudah kita sebagai pengguna teknologi dalam tujuannya menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat selesai dengan hasil yang baik.

Sayangnya, ketidakbijaksanaan pengguna teknologi pun sebanding dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Teknologi tidak lagi digunakan sebagai tujuannya. Misalkan saja ponsel. Ponsel diciptakan untuk mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi dengan rekan kerja maupun teman atau keluarga agar tetap terhubung meski terpisah jarak dan waktu.

Ponsel yang dimiliki sekarang ini lebih sering digunakan untuk kepentingan pribadi yang terkadang tidak jelas maksudnya. Pengguna kerap kali memiliki ponsel untuk menyalurkan hobi foto diri dan mengunggahnya di media sosial. Belum lagi ketika mereka sampai di tempat baru dan merasa harus melakukan update pada media sosial mereka. Masih lagi kebiasaan mengumbar perasaan yang sebenarnya tidak perlu dan tidak akan dipedulikan orang lain.

Di luar dari kebiasaan yang sedang berkembang tersebut, ada satu masalah yang kerap menjadi musuh para pengguna ponsel terutama mereka yang sangat susah untuk lepas dari ponsel mereka. Pemakaian ponsel yang berlebihan tentunya akan memaksa ponsel untuk menggunakan daya baterai mereka secara lebih banyak yang pada akhirnya menyebabkan baterai ponsel sangat cepat habis dan harus melakukan isi ulang daya. Bayangkan ketika saat seperti ini penggunanya justru harus menggunakan ponsel untuk keperluan yang benar-benar penting. Bukankah pengisian daya yang lama jelas akan mengganggu penggunanya?

Untuk membantu Anda mengatasi masalah pengisian daya baterai ponsel yang terlalu lama, kami akan menyajikan ulasan singkat tentang tips mengisi baterai smartphone lebih cepat sehingga ponsel akan bisa digunakan kembali. Berikut ulasan singkat dari setiap tipsnya.

  1. Gunakan charger asli dan langsung milik ponsel cerdas. Ponsel Anda akan lebih cepat terisi daya ketika Anda menggunakan charger langsung daripada menggunakan USB melalui PC maupun laptop. Dengan menggunakan charger langsung, ponsel Anda akan tetap terjaga kualitas dan ukuran voltasenya. Pengisian baterai ponsel menggunakan USB melalui PC atau laptop juga bisa namun akan memakan waktu yang lebih lama karena daya yang masuk tidak sebanyak jika menggunakan charger langsung.
  2. Matikan ponsel ketika Anda mengisi daya. Ketika Anda mematikan ponsel, Anda turut mempercepat masuknya daya dalam baterai Anda karena ponsel berada dalam mode istirahat sejenak. Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel selama dalam masa pengisian daya karena hal tersebut juga berpotensi merusakkan baterai ponsel.
  3. Jika Anda tidak bisa meninggalkan ponsel Anda dalam keadaan mati ketika mengisi daya baterai ponsel, ubahlah mode ponsel menjadi AirPlane untuk mempercepat pengisian daya. Hal ini berfungsi untuk menjaga ponsel agar tidak mencari sinyal selama proses pengisian baterai yang mana membutuhkan daya cukup tinggi, terutama bila Anda berada di kawasan yang sulit terjangkau sinyal.
  4. Perhatikan suhu sekitar, usahakan untuk mengisi daya pada kondisi suhu normal dan tidak panas karena hal ini bisa menurunkan kemampuan penyimpanan daya oleh baterai ponsel.
  5. Gunakan charger dengan ukuran ampere yang besar untuk menjamin proses pengisian daya baterai lebih cepat dari biasanya. Namun pastikan juga penggunaan daya tahan baterai dengan lebih bijak untuk menjaga baterai ponsel tidak cepat habis.

Itulah ulasan singkat dari setiap tips mengisi baterai smartphone lebih cepat. Dengan tips di atas, kami mengharapkan pengguna juga turut mengontrol penggunaan ponsel karena masalah penggunaan ponsel yang terlalu lama juga berpotensi membuat ponsel mengalami panas berlebihan atau overheating yang kemudian berpengaruh pada kinerja ponsel. Bijaklah dalam menggunakan teknologi supaya benar-benar digunakan untuk kebaikan dan kepentingan saja.