Radiasi Ponsel
Tips / /
Tips Mengurangi Dampak Radiasi Ponsel Pada Pengguna

Kemajuan teknologi tak selamanya membawa manfaat yang seluruhnya berguna bagi kita para penggunanya. Di balik manfaat yang diunggulkan oleh setiap vendor, ponsel cerdas kita juga berpotensi membahayakan kita sebagai pemilik ponsel itu sendiri. Masalah yang kerap terjadi karena penggunaan ponsel yang tidak sesuai dengan kebutuhan seperti kecelakaan lalu lintas hingga penipuan dan pornografi yang mungkin menjadikan kita sebagai korban.


Masalah lain yang kini menjadi perhatian dan membuat kita harus semakin bijak serta waspada dalam menggunakan ponsel adalah masalah radiasi. Setidaknya, sebuah ponsel memiliki pancaran gelombang elektromagnetik antara 450 hingga 1800 MHz, termasuk dalam daerah gelombang mikro. Kuantum energi yang dihasilkan dari ponsel ini bisa menjadi masalah ketika jarak sumber radiasi dengan materi cukup dekat. Hal ini tentunya sangat dekat dengan kebiasaan buruk kita saat ini dalam menggunakan ponsel. Yang tadinya ponsel berdekatan dengan kita ketika ada panggilan, sekarang tidur pun kita tidak bisa lepas dari ponsel. Kita kerap kali meletakkan ponsel di sebelah kepala saat tidur. Semakin dekat antara ponsel dengan tubuh kita dan semakin lama kita menggunakan ponsel tersebut, semakin tinggi paparan radiasi yang mengenai tubuh kita dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada diri kita sendiri.
Beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat paparan radiasi ponsel adalah kanker, tumor otak, alzheimer, parkinson, terlalu lelah atau fatigue, dan juga sakit kepala. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa radiasi ponsel lebih banyak menyebabkan kanker dan kelainan. Pengguna juga menjadi lebih cepat lelah apalagi karena bentuk ponsel sekarang yang lebih besar pada layar sehingga memaksa tubuh kita khususnya pada bagian mata untuk bekerja lebih keras ketika melihat layar ponsel.
Untuk membantu Anda mengurangi dampak yang mungkin muncul akibat penggunaan ponsel yang terlalu sering, kami akan membahas secara singkat mengenai beberapa tips meminimalisir radiasi yang dikeluarkan smartphone yang kita miliki. Tips berikut memang lebih menitik beratkan pada perubahan kebiasaan dan pola perilaku kita terhadap ponsel cerdas sehingga kita menjadi lebih tidak ketergantungan terhadap ponsel.

  1. Minimalisir penggunaan ponsel ketika Anda dalam keadaan hamil untuk mencegah radiasi terpapar pada bayi dalam kandungan. Hindarkan anak-anak dari penggunaan ponsel apalagi sampai berlebihan. Wanita yang menggunakan ponsel ketika hamil memiliki sebuah kecenderungan untuk melahirkan anak dengan masalah tingkah laku, biasanya masalah hiperaktif.
  2. Batasi lamanya penggunaan ponsel. Jangan terlalu sering memegang dan menggunakan ponsel untuk mencegah paparan radiasi yang terlalu tinggi terhadap penggunanya.
  3. Sebisa mungkin gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi pada ponsel karena dengan ini Anda juga akan menjauhkan ponsel dari tubuh Anda. Gunakan ketika ada panggilan telepon maupun mendengarkan musik. Hindari penggunaan bluetooth untuk kepentingan ini.
  4. Kurangi mengunjungi tempat yang berpaparan langsung dengan area transmisi Wi-Fi untuk mencegah paparan radiasi yang lebih banyak dan lebih buruk.
  5. Jika Anda memiliki telepon kabel, usahakan untuk tidak menggunakan telepon kabel yang memiliki gelombang elektromagnetik di atas 900 MHz karena telepon kabel Gigahertz akan terus memancarkan gelombang radio yang cukup tinggi 24 jam penuh selama 7 hari.
  6. Gunakan speakerphone daripada langsung menempelkan ponsel pada telinga ketika Anda membutuhkannya untuk berbicara.
  7. Batasi penggunaan ponsel di dalam gedung karena di dalam gedung akan lebih banyak gelombang yang dipancarkan daripada di luar gedung.
  8. Gunakan sticker anti radiasi pada ponsel.
  9. Non aktifkan ponsel ketika Anda sedang tidur dan letakkan jauh dari tempat tidur Anda.
  10. 1Hindari menelpon dalam kondisi tidak fokus.
  11. Gunakan flight mode ketika Anda sedang tidak menggunakan ponsel untuk mengurangi kinerja ponsel yang membuatnya semakin panas dan kemungkinan paparan sinar radiasi bisa semakin rendah.

Itulah beberapa tips meminimalisir radiasi yang dikeluarkan smartphone. Semoga Anda lebih bijak dalam menggunakan ponsel yang ditujukan untuk mempermudah kinerja kita, bukan justru untuk menjadikan kita tergantung pada ponsel dan menggunakannya bukan untuk kepentingan.’