Tips / /
Tips Smartphone Android Awet Lama

Smartphone yang merupakan sebuah “upgrade” dari handphone, dikenal dan memang dikatakan lebih canggih dan lebih kompleks yang bisa membantu kita dalam bekerja atau berkatifitas sehari – hari. Smartphone sendiri sekarang ini digolongkan menjadi beberapa bagian berdasarkan jenis sistem operasi (Operating System disingkat OS) yang dipakainya. Ada 4 jenis sistem operasi yang paling banyak dipakai di smartphone dunia. Yang pertama yaitu Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry. Posisi OS Android memiliki pengguna terbanyak di dunia. Jadi bisa dibilang smartphone Android penggunanya paling banyak di dunia.

Namun tahukah, walau dibilang “smart”phone, tapi tetap saja kita perlu merawatnya agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Nah, kali ini kita akan bagikan sedikit tips tentang cara merawat smartphone Android awet tahan lama, tapi tetap berfungsi secara normal.

Tips Smartphone Android Awet Lama

  • Hindari pemasangan aplikasi terlalu banyak.

Smartphone sebagai hardware, disempurnakan dengan adanya aplikasi (software) yang berguna untuk membantu kita. Ada ratusan juta aplikasi yang tersedia di toko aplikasi mobile, namun tak semuanya begitu berguna bagi kita. Kita harus bisa menyesuaikan aplikasi kita dengan kebutuhan kita. Dan jangan terlalu banyak memasang aplikasi.

Hal ini karena berdampak pada kinerja smartphone Android kita. Seperti smartphone kita akan agak lelet ketika digunakan karena RAM banyak terpakai untuk menjalankan banyak aplikasi, ROM / memori habis untuk menyimpan banyak aplikasi, dan baterai juga akan cepat habis.

 

  • Pastikan aman untuk memasang aplikasi.

Jika kita ingin memasang sebuah aplikasi di smartphone Android kita, kita harus pastikan aplikasi itu aman dan sumber yang terpercaya. Seperti Google Play, dan toko aplikasi mobile lain yang sudah terpercaya dan aman.

Ini karena untuk meminimalisir aplikasi yang mengandung virus, atau sudah ditanami robot yang bisa mencuri berbagai privasi kita. Kita harus lebih berhati – hati.

 

  • Jangan memakai antivirus lebih dari satu.

Mungkin, di segi keamanan, kita akan memasang sebuah aplikasi antivirus di smartphone Android kita agar virus tidak bisa masuk dan merusak sistem smartphone, atau mungkin mencuri data, dan keanehan lainnya.

Perlu diketahui, kita hanya perlu memasang satu saja dari sekian banyak aplikasi antivirus. Pilihlah yang terbaik dan sudah terpercaya. Jika lebih dari satu, itu hanya akan menguras kinerja RAM, memori / ROM, dan baterai habis dengan cepat. Selain itu, jika ada lebih dari satu, toh kinerjanya juga sama saja.

 

  • Matikan internet bila tidak dipakai.

Mematikan internet ketika tidak digunakan adalah langkah bijak untuk merawat baterai smartphone kita. Selain itu, juga mengantisipasi adanya aplikasi yang tiba – tiba berjalan sendiri dan mengirim data di smartphone kita ke orang lain disana.

Selain itu, juga dapat merawat smartphone kita agar tidak cepat panas. Karena internet adalah proses upload dan download yang membuat smartphone kita bekerja terus menerus tanpa henti.

 

  • Jangan sering – sering memakai aplikasi pembersih sistem.

Jika kita merasa smartphone kita agak lelet, dan mungkin not responding, itu sebenarnya ada banyak faktor penyebabnya. Nah, salah satu solusinya adalah menggunakan aplikasi pembersih sistem. Dengan demikian, hasilnya akan sedikit berbeda dari sebelum dibersihkan.

Namun perlu diingat, jangan terlalu sering – sering membersihkan. Karena bukannya malah bersihnya terjaga, malah membuat smartphone anda lebih sering not responding, lelet, atau mungkin kegagalan sistem, dan merusak chipset RAM anda. Jadi berhati – hatilah agar smartphone Android awet.

 

Sekian tadi sedikit tips agar smartphone Android kita tetap awet dan bisa bekerja normal walau sudah bertahun – tahun digunakan. Dengan tips – tips diatas, bisa mengurangi resiko format (menghapus isi memori), ataupun corrupt (kehilangan data), atau mungkin pembobolan privasi kita oleh orang tak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.