Cara Mengatasi HP Konslet Dengan Mudah Dan Cepat

Bagikan:

Mengatasi HP Konslet memanglah tidak mudah, Namun Jika kita jeli dalam menganalisanya semua akan terlihat mudah. Penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu sebelum eksekusi.

HP Sort atau konslet sudah dipastikan karena faktor hubungan singkat. Salah satu penyebab utamnya yaitu terletak pada bagian komponen HP yang berperan sebagai pembagi catu daya.

Jika HP mengalami konslet dibiarkan terus, maka dapat mengakibatkan kerusakan yang semakin parah seperti Bootloop hingga mati total.

Penyebab Konslet Pada HP

Cara Mengatasi HP Konslet Dengan Mudah Dan Cepat
HP Konslet

Banyak faktor yang menyebabkan HP jadi konslet. Berikut ini yang paling sering dialami pengguna:

  • HP terjatuh, tertekan benda keras atau karena kemasukan benda kecil yang sifatnya konduktor.
  • Pengisi daya HP tidak orisinal atau abal-abal, hal ini karena tegangan yang melebihi batas dan menimbulkan konsleting, atau bisa jadi adanya beberapa komponen HP yang memang sudah lemah.
  • HP kemasukan air atau kemasukan cairan juga bisa menghantarkan arus listrik pada HP.

Nah, Jika HP Anda pernah mengalami kejadian seperti diatas, maka luangkan waktu untuk mengetahui kemungkinan keadaan HP Anda.

 

Cara Cek HP Android Konslet

Biasanya, hal utama yang dilakukan teknisi yang mahir dibidang layanan HP diawali dengan mengecek jalur VBat dengan multitester terlebih dahulu.

Cara penggunaan multitester ini cukup mudah. Anda hanya mengatur multitester ke skala OHM. Setelah itu, lakukan pengecekan dengan cara kaki positif (merah) multitester ke jalur konektor baterai positif dan kaki negatif (hitam) ke negatif.

Cek bolak-balik, negatif ke positif dan positif ke negatif. Amati jarum yang bergerak pada multitester. Jika jarum menunjukkan angka 0 ohm atau nilainya hampir sama setelah dicek bolak-balik maka sudah dipastikan HP itu mengalami sort atau konslet.

 

Ciri-ciri HP Android Mengalami Konslet

Anda bisa merasakan dan mengetahui dengan mudah apa saja ciri HP konslet atau short?. Berikut adalah ciri yang sering dirasakan pengguna ketika HP mengalami konslet:

  1. HP konslet ringan bisa diketahui dengan cara penggunaan yang tidak semestinya, misalnya HP sering macet, atau restart sendiri.
  2. Tanda HP mengalami konslet yang kedua yakni penyajian baterai HP tidak beraturan seperti sering ngedrop hingga kembung dengan cepat.
  3. Ciri yang ketiga HP konslet bisa dirasakan waktu Anda memegang bagian belakang casing HP yang tiba-tiba terasa panas hingga overheat dengan cepat, kasus ini paling sering terjadi di semua merek HP konslerlt.
  4. HP Konslet Yang keempat yaitu layar sentuh rusak sebagian , loncat-loncat sendiri.
  5. Ciri HP konslet selanjutnya yaitu bisa dilihat pada tampilan LCD yang sering bermasalah seperti efek warna blur, tidak kontras, hingga ngeblank putih atau hitam.
  6. Ciri yang lainnya HP konslet bisa Anda ketahui seperti lampu flash atau led nyala terus, HP sering Restart sendiri bahkan mati total.

 

Langkah-langkah Memperbaiki HP Konslet

Anda pernah mengalami keadaan HP cepat panas hingga panas ketika dalam keadaan hidup dan mati?.

Langkah 2: Melepas Baterai Baterai HP

Langkah pertama yakni dengan melepas konektor baterai, fungsi untuk memutus arus listrik. Dengan begitu HP yang konslet bisa Anda Analisa dengan mudah dan menghidari merambatnya kerusakan pada komponen HP yang lainnya.

Namun sekarang, kebanyakan baterai pada Smartphone diletakkan dibagian dalam body yang disisipkan dibagian belakang backcover HP. Baterai ini disebut Non-Removable atau istilah lainnya Baterai tanam . Baterai tanam ini tidak bisa dilepas sewaktu-waktu seperti ponsel lama.

Lantas bagaimana cara melepas baterainya?. Nah, untuk melepasnya anda bisa melanjutkan ketahap yang kedua di bawah ini.

 

Langkah 2: Membuka Body HP

Tindakan yang kedua yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki konslet HP Android yakni dengan membuka seluruh bodi atau casing. Pastikan sebelum melepas casing semua baut sudah dicabut.

Siapkan obeng mini khusus dan semua baut yang ada dibagian belakang casing. Pastikan juga HP Anda bisa dilepas tanpa membuka bagian LCD dulu, karena untuk membuka body Smartphone sekarang berbeda-beda, ada yang dari depan dan ada yang dari belakang atau backdoor.

Bagi pengguna HP Samsung 2016 ke atas dan iPhone rata-rata perlu membuka bagian LCD dan Touchscreen terlebih dahulu. Untuk membukanya cukup rumit, perlu ketelitan dan kesabaran, karena kaca LCD rawan pecah. Untuk memastikan dan bingung cara membuka body HP, Anda bisa melihat tutorial di Youtube.

Setelah body terbuka, Anda dapat melihat Baterai disana. Nah, sekarang Anda bisa memutus atau mencabaut konektornya dengan pinset.

 

Langkah 3: Mebersihkan PCB HP

PCB (Printed Circuit Board) adalah rangkaian untuk menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya. Nah, dari ratusan komponen yang tertata rapi didalam PCB Smartphone memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda namun dengan tujuan yang sama yakni agar Smartphone bisa dihidupkan dan dipakai dengan semestinya.

Dari sini kita bisa mengetahui mengapa PCB perlu dibersihkan?.

HP yang mengalami konslet atau short bisa disebabkan karena salah satu dari komponen mulai lemah atau rusak. Komponen HP seperti resistor, kapasitor, dioda, hingga kemungkinan besar IC adalah kerugian akibat terkena air atau masukan benda konduktor. Komponen yang kotor dan korosi inilah yang dapat membuat HP jadi konslet. Oleh karena itu Anda bisa membersihkan seluruh komponen yang ada di PCB HP dengan bantuan cairan pembersih atau tinner dan sikat gigi.

 

Langkah 4: Analisa Dengan Power Supply

Power Supply HP ada dua jenis, versi analog dan digital. Kedua jenis Power Supply HP ini berfungsi sebagai alat kejut baterai dan pengganti baterai. Selain itu Power Supply juga dapat mendeteksi atau menganalisis kerusakan HP atau Sort. Short/konslet di HP secara otomatis bisa diketahui kapan dialiri arus dari PS.

Ketika HP Short akan muncul tandai bunyi “bip” seperti alarm. Nah, Untuk mengatasi HP yang short, maka lakukan pengecekan secara maksimal dengan Power Supply berikut ini:

  1. Hidupkan Power Supply dan setting tegangan Voltmeter 3,6 – 4 Volt.
  2. Sambungkan konektor (+) dan (-) Power Supply ke konektor battere (+) dan (-) pada HP, dan tekan on-off di HP.
  3. Perhatikan pergerakan jarum Ampere Meter. Jika normal, jarum tetap di angka 0 dan HP akan hidup. Bila arus tiba saja langsung naik, maka salah satu komponen HP ada yang short. Biasa, kerusakan itu terdapat pada area komponen IC Power , PA, atau IC Cas.

Langkah 5: Gunakan MBR Predator

Alat Service HP sekarang sudah modern dan terus berkembang untuk memudahkan teknisi dalam mencari dan menganalisis kerusakan Smartphone. MBR Predator adalah sebuah alat servis teknisi HP untuk membantu melokalisir atau mencari titik yang pendek atau konslet pada mesin baik itu Ringan atau besar.

Cara Penggunaan MBR Predator

  • Atur MBR pada tegangan volt 4
  • kabel (-) groud kita tempelkan ke body HP
  • juga kabel (+) ke konektor batrai (-)
  • Raba PCB dan cari komponen mana yang panas, biasa akan keluar secepatnya pertanda komponen itu semacam dan perlu diganti.

Dengan begitu, Anda sudah bisa menemukan keberadaan komponen yang rusak atau sortir dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengecek seluruh komponen dengan multitester. Setelah menemukan, Anda dapat langsung mengeksekusi dengan cara memasang atau menggantu komponen tersebut.

 

Penutup

Jika masalah konslet tersebut masih belum dapat teratasi dengan baik, maka alternatif lainnya yaitu dengan menemukan pusat layanan agar memperoleh penanganan yang tepat.

Inti permasalahan pada kasus HP yang konslet itu dengan cara menemukan penyebabnya, apakah HP sebelumnya pernah terjatuh, terjebur ke udara, atau akibat dari Charger. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk memperbaikinya.

Jika sebelumnya HP konslet karena terjatuh dan langsung mati total maka kemungkinan besar kerusakan yang terdapat pada bagian IC seperti IC Power, IC Charger atau CPU . Jika HP pernah masuk ke udara maka Anda perlu membersihkan komponen yang korosi dan mengeceknya dengan Multitester. Jika HP konslet disebabkan oleh charger biasanya perlu mengecek semua jalur mulai dari konektor cas hingga IC Charger dan IC Power.

Photo of author

Karim

Menulis Hal Apapun Selagi Itu Bermanfaat Bagi Pembaca

Leave a Comment