Cara Menonaktifkan Update Otomatis Playstore

Bagikan:
HP Android memiliki fitur update yang berguna untuk memperbaiki bug aplikasi maupun sistem OS. Google Play store akan sering Update aplikasi secara otomatis setiap ada aplikasi tersedia versi terbarunya. Update aplikasi dapat dilakukan secara manual, namun juga bisa berjalan otomatis apabila data internet atau wifi yang terkoneksi.

Pemberitahuan update otomatis pada aplikasi biasanya akan muncul di bagian taskbar tampilan menu home pada HP. Disitu anda dapat mengetahui proses download aplikasi apa saja yang sedang berjalan.

Update aplikasi bisa dikatakan sangat penting, namun bukan berarti semua aplikasi yang jarang Anda pakai ikut berkomitmen. Update aplikasi secara otomatis secara terus menerus, bahkan hampir setiap hari dapat menyebabkan kinerja HP ​​seiring waktu karena penyimpanan Internal dan RAM akan berkurang banyak.

Selain itu, Terlalu sering mengaktifkan Update aplikasi otomatis pada Play store juga bikin kuota anda cepat habis. Anda pasti sering beli kuota internet meskipun anda jarang mendownload dan browsing sana-sini data internet, karena yang jadi biang keladinya yaitu Play store yang sering mendownload atau update aplikasi sendiri.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Update aplikasi otomatis pada Google Play store Android?

Nah, bagi anda yang bingung menonaktifkan Update otomatis aplikasi di Play store, maka coba lakukan tips dibawah ini agar HP kamu tidak lagi Update otomatis.

Baca Juga :  Cara PlayStore Android Rusak

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Play Store

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Playstore

Meskipun penting untuk selalu Update aplikasi dan sistem OS HP Android agar kinerja HP ​​bisa berjalan dengan baik tanpa ada bug atau masalah yang muncul dilain waktu.

Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menonaktifkan Update otomatis sehingga Anda dapat memegang kendali penuh mana yang perlu dan mana yang tidak begitu penting. Berikut cara mendapatkan update otomatis di Play store.

Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Di Play store

Bagi anda yang belum cara agar HP tidak lagi Update otomatis Aplikasi (Google Play store), maka ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkannya :

1. Buka Aplikasi  Google Play Store

2. Klik akun Playstore ‘ gambar profil Anda ‘.

3. Pilih menu Setelan .

4. Pilih Preferensi Jaringan.

5. Setelah itu klik bagian  Perbarui Otomatis Aplikasi .

6. Klik Jangan Perbarui Aplikasi secara Otomatis .

7. Terakhir pilih  Selesai untuk menonaktifkan otomatis otomatis.

Sekarang anda tidak lagi melihat aplikasi mendownload sendiri. untuk aplikasi yang penting, anda tinggal update manual di playstore mencari nama aplikasinya. Untuk mengaktifkan kembali maka lakukan langkah yang sama di atas dan tinggal ubah jangan perbarui Aplikasi otomatis NO.6.

Menonaktifkan Update Otomatis Versi OS Android

Selain aplikasi, versi OS juga bisa update otomatis. Update versi OS jarang tersedia dan tidak semua tipe HP terdapat pembaruan OS. Versi OS Android sendiri memiliki urutan. Berikut adalah urutan Versi OS Android mulai dari terlama hingg terbaru saat ini :

Urutan Versi OS Android dari tingkat terlama sampai terbaru saat ini :

  1. Alpha dan Beta
  2. Cupcake 1.5
  3. Donat 1.6 (Donat)
  4. Eclair 2.0
  5. Froyo 2.2
  6. Gingerbread 2.3
  7. Honeycomb 3.0
  8. Ice Cream Sandwich 4.0
  9. Jelly Bean 4.1
  10. Kitkat 4.4
  11. Lollipop 5.0
  12. Marshmallow 6.0
  13. Nougat 7
  14. Oreo 8
  15. Pie 9
  16. Android 10
  17. Android 11 terbaru
  18. dan akan terus update versi Android setiap tahunnya

Perbarui perangkat lunak atau sistem operasi sangat penting sekali untuk meningkatkan performa smartphone seperti perbaikan bug, fitur tambahan, untuk kinerja sistem dan aplikasi, dan lainnya.

Tetapi, banyak pengguna yang masih nyaman pada OS Android versi itu dan tidak ingin ingin melakukannya. Umumnya bila HP tersedia Update OS maka secara otomatis akan mendownload dan menginstalnya apabila tersambung ke jaringan wifi.

Nah, bagi anda yang tidak ingin OS Android update otomatis, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka menu Setelan .
  2. Cari menu Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Pilih Unduh & Instal Otomatis .
  4. Klik Jangan Izinkan .
  5. Update OS otomatis saat ini sudah berhasil sehingga bila Anda ingin menginstalnya, maka harus melakukan update secara manual.

Bagaimana Cara Mengaktifkan kembali update otomatis versi OS Android?

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali update OS Android, maka langkahnya hampir sama dengan cara diatas. Tingga ubah ‘jangan izinkan’ menjadi ‘izinkan’ pada langkah NO.4.

ingin WiFi untuk mengaktifkan Update versi OS secara otomatis menggunakan WiFi saja atau memilih WiFi dan Data Seluler untuk mengaktifkan opsi ketika HP Anda terkoneksi data internet dalam bentuk apa pun.

Mengapa Saya Perlu Update Versi OS Android?

  • HP Anda lebih aman. Dengan melakukan Update secara rutin, maka HP Anda mendapat banyak sekali manfaat seperti keamanan dan privasi akun terbaru tanpa perlu tindakan apa-pun.
  • HP Anda mendapatkan fitur terbaru . Ketika Versi OS dan aplikasi yang diterapkan, akan muncul pengalaman fitur dan alat baru untuk mendapatkan yang lebih banyak dan menarik.
  • Jika tidak dilakukan, maka mungkin aplikasi tidak optimal. Meski begitu bukan berarti aplikasi yang tidak diupdate rusak. Namun, besar kemungkinan adanya update akan memperbaiki berbagai macam bug. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan lagi.
  • Pembaruan bisa memakan kapasitas penyimpanan internal. Jika ruang penyimpanan Anda hampir habis, maka Anda tidak perlu memperbarui semua aplikasi. Sebagai, lebih berguna untuk memilih secara manual saja.

Penutup

Mungkin saja cara menonaktifkan update otomatis aplikasi pada play store dan Versi OS Android. Mungkin saja tips yang saya jelaskan di atas berbeda karena tidak semua model HP Android pengaturannya sama persis. Jadi, bagi yang menemukan kesulitan, atau bingung dengan langkah-langkah diatas, maka Anda bisa bertanya dengan cara berkomentar agar bisa menemukan alternatif solusi yang lain. Saya akan membatu semaksimal mungkin!.

Photo of author

Karim

Menulis Hal Apapun Selagi Itu Bermanfaat Bagi Pembaca

Leave a Comment